√ Cara Diet Keto Yang Benar dan Tidak Efek Samping

    0
    201

    Cara Diet Keto

    Siapa sih yang tidak mau punya berat badan ideal. Tentu saja berat badan ideal adalah idaman setiap orang apalagi para wanita khususnya yang sudah punya anak.

    Tentu saja, berat badan ideal menjadi kebutuhan yang jelas karena saat ini kita sekarang sedang dilanda junkfood dan makanan tinggi lemak dan kalori.

    Hal ini tentu saja menyebabkan orang menderita obesitas, baik itu obesitas ringan maupun obesitas yang sudah bengkak parah. Tentu saja hal ini diperparah dengan budaya Smartphone yang membuat orang malas bergerak dan mengganti jenis hiburan ke liatin hp aja dan chat sama orang. Jadi cuman jari aja yang olahraga, satu badan nggak.

    Tempo doelo, orang kalau mau cari hiburan pasti bermain ataupun jalan jalan kesekitar, namun semenjak ada youtube dan aplikasi sosial lainnya, hal itu berubah. Kombinasi epik antara makanan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas tubuh, maka membuat kita menjadi bengkak gemuk dan obesitas yang dapat berujung ke penyakit lain seperti kolesterol, serangan jantung, stroke dan banyak lagi.

    Apa Itu Diet Keto

    makanan diet keto

    -advertisement -

    Cara diet keto | Apa itu diet keto? Keto adalah singkatan dari ketogenik. Diet keto adalah metode diet yang sedang populer saat ini. Kok populer? Karena diet keto memang terbukti berhasil menurunkan berat badan tanpa harus merasa kelaparan seperti diet diet lainnya.

    Diet ketogenik, atau yang sering kali disebut sebagai diet keto, merupakan salah satu metode diet yang berupa diet rendah karbohidrat tinggi lemak.

    Diet keto dilakukan dengan betul betul mengurangi makan karbohidrat seperti nasi dan semacamnya dan menggantinya dengan asupan lemak dan protein (25 %).

    - Adverstisement -

    Teknik diet keto ini sebenarnya dilakukan untuk mengatur metabolisme tubuh kita untuk melakukan ketosis. Ketika mekanisme ketosis terjadi, tubuh akan sangat efiesien untuk membakar lemak (burn fat).

    Proses ini hampir sama dengan orang lagi puasa. Jadi memang puasa itu sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

    Jadi diet keto ini akan membuat tubuh anda kelaparan tapi bukan kelaparan akan energi tapi kelaparan akan karbohidrat. Karbohidrat itu adalah nutrisi yang anda dapatkan ketika makan nasi, kentang, gula, jagung dan banyak lagi lainnya.

    Ketika tubuh kelaparan akan karbohidrat, Liver atau hati kita akan mengubah lemak dan protein menjadi energi dengan menghasilkan keton. Proses ini membuat tubuh kita mengalami proses perubahan kecepatan metabolisme lemak dibadan anda. Hal ini tentu saja ada beberapa efek samping yang muncul yang akan hilang setelah beberapa lama melakukan diet keto (dijelaskan lebih lanjut nanti tentang efek samping yang dialami selama diet keto).

    Bahkan hasil studi menunjukkan bahwa diet keto atau diet ketogenik lebih cepat mengurangi berat badan anda 2,2 kali dibandingkan diet diet lainnya. Selain itu, Kolesterol baik dalam tubuh anda pun akan meningkat. Bahkan menurut ahli diet dari Inggris, diet keto lebih cepat 3 kali dibandingkan jenis metode diet lainnya.

    Manfaat Diet Keto

    Beberapa manfaat diet keto dibawah ini adalah hasil rangkuman dari berbagai riset yang ada tentang diet keto. Saya akan lebih lanjut nanti di artikel yang lebih detail tentang manfaat diet keto.

    Pengurangan Berat Badan

    Berat badan berkurang - Manfaat diet keto
    Berat badan berkurang – Manfaat diet keto

    Teorinya adalah dengan tubuh anda tidak ada atau sangat kurang glukosa atau gula darah , maka tubuh anda akan kekurangan insulin. Jadi dengan melakukan diet keto, tubuh anda akan menjadi mesin pembakar lemak yang sejati.

    Berdasarkan hasil riset dan terbukti, diet keto memang menunjukkan hasil yang lebih bagus dari diet rendah lemak tinggi karbohidrat, khususnya untuk jangka waktu panjang.

    Mengendalikan Gula Darah / Mencegah diabetes

    Diet keto tentu saja menurunkan kadar gula dalam darah. Beberapariset menunjukkan bahwa diet keto lebih efektif menurunkan kadar gula darah dan mengobati dan mencegah diabetes dibandingkan diet rendah kalori.

    Bagi anda yang menderita diabetes tipe 2, saya sarankan anda untuk melakukan  diet keto ini. Sudah banyak kok testimoni di reddit tentang diet keto mereka berhasil menurunkan kadar gula darah mereka khususnya bagi penderita diabetes.

    Kecerdasan Otak dan Konsentrasi

    Sebenarnya praktik ini sudah dilakukan oleh manusia semenjak ribuan tahun dulu. Akan tetapi bukan praktik seperti diet keto yang dimaksud. Mereka berpuasa dan tubuh mereka menghasilkan keton untuk meningkatkan konsentrasi mereka dan kecerdasan otak mereka.

    Kalian tahu semedi atau bertapa bukan, nah ketika orang orang dulu bertapa, mereka berpuasa. Dengan berpuasa, tubuh mereka menghasilkan keton yang amat banyak yang membuat tubuh mereka dibanjiri keton.

    Selanjutnya, anda perlu tahu bahwa keton adalah salah satu energi otak untuk bekerja. Jadi bila anda ingin tes CPNS atau ingin sukses dan berhasil dalam belajar anda, sarankan diet keton dan berpuasa. Memang berat untuk pertama kali, tapi seiring waktu, pasti akan mendatangkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

    Meningkatkan Energi Tubuh dan Menormalkan Rasa Lapar

    Dengan berubahnya metabolisme tubuh anda, kecepatan dan kefektifan tubuh anda dalam menggunakan energi akan menjadi lebih efisien. Hal ini membuat anda menggunakan energi dan membakar energi lebih efisien. Hal ini ada hubungannya dengan perubahan drastis kadar insulin dan enzim tubuh anda yang beradaptasi dengan pembakaran lemak tubuh anda.

    Epilepsi / Kejang Kejang

    Kalian tahu epilepsi kan? Pengobatan diet keto untuk mengobati penderita epilepsi sudah ada dan dilakukan sejak tahun 90 an. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keton akibat diet keto akan sangat bagus untuk tubuh anda terutama saraf dan otak anda.

    Mengobati Kolesterol Tinggi dan Tekanan Darah

    Sebenarnya ini salah satu manfaat diet keto yang paling nyata. Lemak yang meningkat pada pembuluh darah anda akan diubah dan dibawah ke hati untuk diubah menjadi energi dan keton dihati.

    Sebelum anda diet keto, tubuh anda malas melakukan hal ini, akan tetapi ketika anda diet keto, lemak lemak jahat yang menumpuk dipembuluh darah anda akan dibakar dan dijadikan energi tubuh.

    Resistensi Insulin

    Ini merupakan salah satu tanda dan sebab awal orang orang menderita diabetes khususnya diabetes II. Ketika tubuh mulai mengalami resistensi insulin, dan tidak tertangani terus menerus makan akan terjadi diabetes tipe II.

    Banyak penelitian menunjukkan bahwa diet keto dapat membantu menurunkan kadar insulin serta mengurangi resistensi insulin dalam tubuh kita.

    Bagi atlit, resistensi insulin adalah awal masalah besar, karena hal ini berakibat pada kecepatan pembakaran energi dan daya ledak atlit tersebut. Oleh karena itu bagi atlit, diet keto akan sangat bagus untuk menambah performa anda. Bagaimana? Mau coba tidak?

    Mengatasi Jerawat Membandel

    Manfaat diet keto yang satu ini kalian pasti suka ladies, jadi diet keto juga terbukti loh mampu menghilangkan jerawat membandel dalam tubuh kita. Jadi sebenarnya, lemak diwajah juga menjadi sebab munculnya jerawat berlebih.

    Selain itu, keton yang dihasilkan selama diet keton akan mendorong tubuh kita untuk mengatasi jerawat tersebut secara alami dan mengurangi aktivitas berlebih kelenjar minyak pada wajah yang sering terjadi pada orang yang sering berjerawat.

    Cara melakukan diet ketogenik

    Keep calm yah, aku tahu kok kalian sudah pengen banget mulai diet keto nya. Jadi mari kita pengetahuan kalian tentang diet keto menjadi :

    1. Makanan Selama Diet Keto dan Makanan yang tidak boleh selama diet keto

    2. Sayuran dan buah selama diet keto

    3. Kunci Keberhasilan Diet Keto

    3. Resep Diet Keto Selama 30 Hari

    Mari mulai. Fokus yah teman teman

    1. Makanan Selama Diet

    cara diet keto yang benar
    cara diet keto yang benar dan tanpa efek samping

    Untuk memulai diet keto, kalian harus punya rencana yang pas. Dasarnyaadalah kalian hanya boleh makan nasi atau karbohidrat energi (gula dan sejenisnya) kurang dari 15 gram setiap harinya. Intinya diet keto dan tahap keberhasilan ditentukan dengan semakin sedikitnya karbohidrat (kecuali serat) yang masuk kedalam tubuh kalian.

    Kok harus sedikit? Karena fase ketogenik harus anda masuki agar diet keto dapat berjalan dengan baik.

    Bila kalian merasa susah tidak makan karbohidrat walaupun cuman sehari, maka karbohidrat yang kalian makan sebaiknya dan haruslah dari sayuran, kacang kacangan dan juga susu. Jangan coba coba melanggar dan makan karbohidrat yang sudah diolah seperti terigu, nasi, pasta, sereal, roti, amilum (kentang dan sejenisnya) dan juga buah buahan.  Bila kalian mau makan buah, cuman boleh makan buah alpukat, belimbing, dan juga Berry, itupun kalian cuma boleh makan secukupnya yah, jangan banyak.

    Jangan Makan

    • Gandum dan nasi serta sejenisnya (jagung, kentang, ubi ubian dan juga sereal seperti oatmeal, dan biskuit serta mie).
    • Gula gulaan, madu, sirup dan sejenisnya
    • Buah buahan seperti Apel, pisang, jeruk dan lainnya yang mengandung banyak kandungan karbohidrat selain serat (Karena buah yang manis itu mengandung banyak gula dan gula adalah karbohidrat).

    Boleh Dimakan

    • Daging dagingan seperti ikan, daging sapi, daging babi, daging ayam, telur teluran dan sejenisnya.
    • Sayuran hijau seperti bayam, kale
    • Sayuran seperti brokoli dan bunga kauli
    • Produk susu tinggi lemak contoh keju padat, cream tinggi lemak, mentega dan lainnya
    • Kacang kacangan
    • Aplukat dan buah berry seperti  raspberi, blackberi dan berry lainnya yang tidak manis
    • Pemanis seperti stevia dan erythritol (liat gambar dibawah)
    • Sumber lemak lain seperti minyak kelapa (minyak goreng) dan lainnya.

      Takaran Nutrisi Diet Keto
      Takaran Nutrisi Diet Keto

    Jadi aturan pertama masalah makanan selama diet keto adalah makan yang mengandung lemak tinggi, protein seadanya, dan karbohidrat yang sangat rendah (Tapi ingat jangan makan yang kolesterol buruk tinggi seperti otak hewan). Takaran makanan selama diet keto yang benar haruslah sekitar 70 % lemak, 25 % protein, dan 5 % karbohidrat.

    Jadi bagi kalian yang terbiasa ngemil snack setiap harinya dan ingin diet keto. Tenang, kalian tetap bisa makan ngemil akan tetapi kalian ganti ngemil kalian ke ngemil keju, kacang kacangan (tapi jangan kacang yang dibungkus terigu yah) dan semua makanan cemilan yang mengandung lebih banyak lemak dan sangat sedikit karbohidrat (bahkan lebih baik tidak ada).

    2. Sayuran Selama Diet Keto

    Sayuran hijau gelap dan sayuran dedaunan sangat bagus untuk dikonsumsi selama diet keto.

    -advertisement -

    Dibawah ini ada daftar lengkap sayuran yang baik selama diet keto. Jadi kalian buat resep sendiri berdasarkan kandungan ini yah. Ingat Karbohidra bersih yang boleh kalian konsumsi selama diet keto adalah kurang dari 15 gram. Jadi rencanakan diet keto harian anda. Nanti diakhir artikel akan ada link untuk contoh resep diet keto.

    Nama Sayur Ukuran porsi Total karbohidrat (g) Serat (g) Karbohidrat bersih (g)
    Brokoli Raab 100g 2,85 2,7 0,15
    Selada air 100g 1,29 0,5 0,79
    Nopales  Kaktus centong 100g 3,33 2,2 1,13
    Bok Choi 100g 2,18 1 1,18
    Seledri 100g 2,97 1,6 1,37
    Bayam 100g 3,63 2,2 1,43
    Mustard Greens 100g 4,67 3,2 1,47
    Asparagus 100g 3,88 2,1 1,78
    Lobak 100g 3,4 1,6 1,8
    Alpukat 100g 8,64 6,8 1,84
    Arugula 100g 3,65 1,6 2,05
    Zucchini 100g 3,11 1 2,11
    Swiss Chard 100g 3,74 1,6 2,14
    Jamur 100g 3,26 1 2,26
    Kohlrabi 100g 6,2 3,6 2,6
    Tomat 100g 3,89 1,2 2,69
    Zaitun 100g 6 3,2 2,8
    Terong 100g 5,88 3 2,88
    Paprika 100g 4,6 1,7 2,9
    Kembang kol 100g 4,97 2 2,97
    Kubis (Hijau) 100g 6,1 3,1 3
    Tunas Bambu 100g 5,2 2,2 3
    Kubis (Putih) 100g 5,37 2,3 3,07
    Ketimun 100g 3,63 0,5 3,13
    Jalapeno Pepper 100g 6,5 2,8 3,7
    Artichoke Hearts 100g 5,38 1,5 3,88
    Broccoli 100g 6,64 2,6 4,04
    Tauge 100g 5,94 1,8 4,14
    Adas 100g 7,3 3,1 4,2
    Okra 100g 7,45 3,2 4,25
    Kacang Hijau 100g 6,97 2,7 4,27
    Lobak 100g 6,43 1,8 4,63
    Snow Peas / Kapri 100g 7,55 2,6 4,95
    Brussels Sprouts 100g 8,95 3,8 5,15
    Kale 100g 8,75 3,6 5,15
    Kubis (Merah) 100g 7,37 2,1 5,27
    Labu 100g 7 1 6
    Rutabaga 100g 8,62 2,3 6,32
    Wortel 100g 9,58 2,8 6,78
    Celeriac  / Seledri akar 100g 9,2 1,8 7,4
    Bawang 100g 9,34 1,7 7,64
    Bawang perai 100g 14,15 1,8 12,35
    Jahe 100g 17,77 2 15,77

     

    Selain makanan yang tidak boleh dan makanan yang boleh  kalian konsumsi selama diet keto. Alkohol dan merokok harus kalian hentikan. Metabolisme kalian selama diet keto tidak boleh terganggu oleh konsumsi alkohol dan nikotin serta oksidan yang masuk kedalam tubuh kalian dapat mengganggu diet keto kita.

    Kunci Keberhasilan Diet Keto

    Kunci keberhasilan diet keto kita sangatlah mudah yaitu tidak mengonsumsi karbohidrat dan mengonsumsi lemak dan protein saja. Akan tetapi bukan berarti makan lemak yang banyak hingga perut buncit setiap makan yah.

    Beberapa poin dibawah ini harus anda tekankan dalam diet keto anda.

    1. Batasi dan awasi konsumsi gula dan karbohidrat. Untuk minggu pertama usahakan dibawah 35 gram. Minggu kedua haruslah dibawah 20 gram dan minggu ketiga haruslah dibawah 15 gram.
    2. Batasi asupan protein anda. Terlalu banyak protein dapat menurunkan kadar keton dalam tubuh kita. Jadi sebaiknya batasan kalian bagi yang kurang aktivitas (bukan atlit) itu sekitar 1,2 gram untuk setiap kg berat badan kalian. Contoh, berat kamu 70 kg. Maka batasan kalian itu 140 gram. (Ini angka yang kecil karena diet keto mengharuskan kalian makan daging dan daging mengandung protein yang cukup banyak).
    3. Berhenti kuatir sama lemak yang kalian makan.
    4. Minum air yang banyak. Para ahli menyarankan bahwa diet keto harus minum air sebanyak 3,5 liter sampai 4 liter setiap harinya. Diet keto akan membuat tubuh anda sangat kering, jadi perbanyak minum air (jangan lupa minum air elektrolit juga).
    5. Berhenti ngemil. apalagi ngemil snack
    6. Mulailah olahraga. Olahraga teratur tiap hari akan membangun tubuh anda dan membuat anda lebih sehat serta membuat otot anda berkembang.
    7. Mulailah puasa. Jadi banyak yang salah paham bahwa diet keto itu tidak puasa. Jadi diet keto itu puasa yah. Jadi puasanya kadang tidak makan pagi tapi ngemil siang dan malam baru makan. Atau paginya kita makan dan siang nya tidak dan malam makan.
    8. Minum suplemen seperti spirulina, vitamin D, dan atau minyak omega 3 dari ikan salmon ataupun ikan kod (cari yang bagus, jangan yang murahan, karena minyak ikan yang murah kadang tidak murni dari logam berat).

    Untuk mengetahui batasan kalian dan takaran makan yang pas dan informasi lainnya masalah diet keto silahkan kunjungi kalkulator keto dibawah ini

    Kakulator Diet Keto

    Tanda Awal Keberhasilan Diet Keto

    Untuk mengukur keberhasilan diet keto anda ada dua cara yaitu pertama menggunakan strip urin dan cara kedua mengamati perubahan pada tubuh anda.

    Cara pertama mengetahui keberhasilan diet keto anda dengan membeli strip urin 10 p atau 10 parameter. Harganya sekitar 130.000 (tergantung merek yah ada juga yang sampe 200 ribuan). Tapi tenang, kalian bisa pake sampe banyak kali (isi ada yang 100 hingga 10 strip aja). Jadi salah satu parameternya akan menunjukkan kadar keton apakah meningkat atau tidak. Selain tes urin ada juga tes darah.  tapi alatnya mahal dan sebaiknya ke rumah sakit aja minta dites keton dalam darahnya. Jadi kalian tes sebelum mulai diet keto dan pada dua minggu pertama diet keto anda.

    Cara kedua adalah melihat perubahan pada tubuh kalian yaitu:

    1. Sering buang air kecil. Keton dalam tubuh sejatinya adalah zat yang menyebabkan kita mudah dan sering buang air kecil. Jadi bagi yang baru mulai diet keton. maka kalian akan sering ke wc nantinya
    2. Mulut kering. Jadi meningkatnya intensitas buang air kecil akan membuat tubuh anda kekeringan. Tanda pertama tubuh kekeringan adalah mulut yang kering. Jadi jangan lupa untuk minum air elektrolit.
    3. Rasa lapar berkurang dan Tidak mudah lelah. Biasanya ini terjadi ketika kamu sudah melewati minggu pertama atau minggu kedua diet keto.

    Efek Samping Diet Keto

    Jadi walaupun judul diatas dikatakan tidak ada efek samping, karena memang ini bukanlah efek samping. Hal ini adalah hal alami yang harus terjadi pada tubuh kalian apalagi orang Indonesia yang terbiasa makan nasi saja atau dengan kata lain lebih banyak karbohidrat dalam tubuhnya.

    Ada beberapa hal yang kita katakan dan banyak orang bilang merupakan efek samping diet keto. Berikut beberapa hal yang akan terjadi pada anda ketika melakukan diet keto (pada awalnya).

    1. Kram. Kram khususnya kram kaki. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan cairan akibat produksi keton dalam tubuh
    2. Konstipasi. Jadi konstipasi akan paling mungkin terjadi pada orang Indonesia yang tidak terbiasa dengan takaran 75 persen lemak dan 20 persen protein dan 5 persen karbohidrat. Perbanyak makan sayuran hijau dengan tetap mengingat kadar bersih karbohidratnya
    3. Detak jantung bertambah cepat. Hal ini hanya sementara dan jangan kuatir akan tetapi apabila disertai dengan sakit jantung. Segera ke dokter
    4. Kemampuan fisik atau cepat loyo. Jangan takut, ini dapat dipastikan akan terjadi pada semua orang yang mulai diet keto pertama kali. Ini adalah bukti pergantian metabolisme tubuh kalian dari fokus olah karbohidrat ke fokus olah dan bakar lemak.
    5. Ruam ruam. Belum ada penelitian yang pas untuk menjawab kenapa sebagaian orang ketika memulai diet keto akan mengalami ruam ruam. Tapi tenang. Ruam ruam ini akan menghilang setelah tubuh anda beradaptasi dengan diet keto.
    6. Rambut rontok. Jadi bagi perempuan yang diet keto jangan takut. Ini normal terjadi apabila kalian mengalami diet keto. Jadi kuncinya adalah tidur yang cukup serta konsumsi multivitamin.
    7. Kolesterol meningkat. Jangan kaget bila kalian ke Rumah sakit dan cek kolesterol dan kolesterol kalian meningkat setelah melakukan diet keto selama lebih dari 5 minggu. Ini normal. Tanyakan dokter kalian apakah itu normal ketika kamu sedang diet. Berikan informasi penurunan berat badan kalian ke dokter kalian. Belum ada hasil riset dan forum yang nyatakan  diet keto mengakibatkan kolesterol jelek meningkat.
    8. Gangguan Pencernaan. Ini sering terjadi dan akan terjadi pada orang Indonesia. Jadi tenang saja. Minggu minggu awal pasti akan terjadi. Perbanyak minum cairan dan elektrolit. Serta asupan serat kalian perbanyak dengan tetap mengawasi asupan karbohidrat nya.

    Cara diet dan Rencana Diet Keto dapat anda baca pada link dibawah ini

    Rencana dan Resep Diet Keto Selama 30 Hari

    Itulah diatas cara diet keto yang benar dan hal hal yang harus anda ketahui tentang diet keto dan efek samping diet keto. Terakhir, diet adalah gaya hidup. Ketika anda mengira diet hanyalah cara untuk mengurangi berat maka yakin dan percaya, mengurangi berat tubuh anda akan gagal.

    Loading...

    Untuk diet kita tidak perlu harus instant dan serba cepat dan langsung. Perlahan dan jadikan gaya hidup anda maka tubuh jiwa dan otak kita akan sehat. Pikiran jadi enak dan tenang. Jadi, anda sudah siap diet Keto? Bagi yang sudah coba, dan ingin membagi pendapat, saya akan sangat berterima kasih kalau kalian bisa berikan komentar dibawah. Bagi yang ingin bertanya tentang cara diet keto dan halangan halangan kalian serta kendala selama diet keto silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah ini.

    -advertisement -