Cara Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Langu Enak Tahan Lama

0
254

Kembali lagi dengan manfaatonline.com, kalian sudah tahu tidak bahwa susu kedelai memiliki banyak manfaat, kalau belum, silahkan baca di artikel ini. Manfaat Susu Kedelai dan Efek Sampingnya.

Susu kedelai seperti yang kita ketahui bersama, adalah hasil olahan kedelai yang digiling dan kemudian diperas sehingga tersisa sedikit.

airan berwarna putih yang kita sebut susu kedelai.  Cara membuat susu kedelai cukup mudah kok, walaupun memang lebih mudah membuat susu dari susu bubuk.

Cara Membuat Susu Kedelai

Langsung saja ke topik utama, yaitu cara membuat susu kedelai yang tidak langu dan tahan lama. Proses pembuatannya mudah kok, kalian tinggal ikuti bahan bahan dan peralatan pembuatan susu kedelai dibawah ini. Silahkan dicatat yah.

Cara Membuat Susu Kedelai Tidak Langu dan Tahan Lama

Bagi kalian yang baru belajar buat, silahkan dicoba, dan sebaiknya ikuti prosedurnya dengan baik dan baca dulu cara pembuatan susu kedelainya dan langkahnya sebelum memulai.


Bahan Susu Kedelai (Untuk 1 gelas Susu Kedelai):

  1. Kacang kedelai 500 gr, yang telah dibersihkan
  2. Air secukupnya
  3. 300 gram gula pasir
  4. 6 lembar daun jeruk
  5. Garam halus secukupnya
  6. 6 lembar daun pandan yang telah dicuci dan diikat

Peralatan Pembuatan Susu kedelai

  1. Kompor
  2. Panci masak (Kalau ada panci presto juga boleh
  3. Ember (untuk merendam)
  4. Sarung tangan kerja
  5. Blender ataupun alat penumbuk
  6. Kain saring
  7. Alat pengaduk
  8. Sendok makan
  9. Saringan atau Colander

Langkap dan Cara pembuatan Susu Kedelai

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Loading...

-advertisement -
  1. Langkah pertama dalam membuat susu kedelai adalah kalian bersihkan tangan kalian menggunakan sabun. Bilas hingga tidak ada sisa sisa sabun.
  2. Kemudian, siapkan bahan bahan yang ada diatas dan peralatannya
  3. Prosedur pertama pengolahan bahan adalah dengan merendam kedelai tersebut dengan memasukkan kedelai kedalam ember dan diberi air hangat.  Biarkan biji kedelai terendam hingga 24 jam.
  4. Setelah biji kedelai terendam seharian, buang kulit kulitnya yang mengendap dipermukaan air.
  5. Pindahkan biji kedelai ke wajan saringan, dan bilas pada air mengalir (westafel ataupun ledeng). Ini untuk menghilangkan sisa sisa kulit biji kedelai
  6. Kemudian rendam lagi diember dan gunakan sendok untuk mengambil sisa sisa kulit biji kedelai yang mengapung. Gunakan tangan anda untuk mengacak acak biji kedelai agar kulit biji kedelai yang tersembunyi dapat mengapung.
  7. Buang air rendaman, lalu biji kedelai tersebut dihancurkan menggunakan alat tumbuk ataupun blender, jangan lupa tambahkan air mendidih secukupnya agar blendernya mudah. Usahakan sehalus mungkin
  8. Siapkan kain saring dan wadah seperti panci kecil dibawahnya. Masukkan air blenderan dan pasta kedelai dari blender ke kain saringan.
  9. Peras kain saringan agar sari sari kedelai turun ke panci kecil. Untuk memperbanyak hasilnya, kalian bisa masukkan pasta kedalam panci dengan air mendidih secukupnya, masak hingga 1-2 menit. Lalu saring kembali.
  10. Pisahkan pasta kedelai dan cairan susu kedelai yang masih mentah.
  11. Susu kedelai yang mentah tersebut kemudian dimasak lagi dengan api sedang dengan tetap diaduk untuk mencegah lengket dan penggumpalan
  12. Bila mulai mendidih, matikan kompor kemudian tambahkan garam untuk memberikan rasa gurih dan menghilangkan rasa langu pada susu kedelai serta turunkan daun jeruk dan pandan yang ada.
  13. Aduk terus, kemudian setelah 1-2 menit, nyalakan kembali kompor selama 20 menit. Biarkan mendidih tapi tidak sampe tumpah
  14. Matikan kompor dan tunggu hingga dingin.
  15. Setelah dingin, angkat lapisan tipis pada permukaan susu kedelai rasanya tidak langu dan enak diminum.
  16. Saring kembali susu kedelai tersebut agar bersih dari ampas kedelai
  17. Setelah ini kalian bisa masukkan kedalam kulkas ataupun kalian panaskan kembali untuk menambahkan rasa manis seperti gula ataupun coklat.
  18. Lalu hasil blender tersebut, diturunkan kedalam panci yang berisi

Jadi itulah diatas cara pembuatan susu kedelai agar tidak langu dan mudah sehat dan enak serta tahan lama. Silahkan dicoba dirumah anda Ibu Ibu Bapak Bapak. Tapi ingat selain susu kedelai punya banyak manfaat kalian juga harus tau efek samping dan pantangannya. Silahkan baca artikel ini agar lebih paham Efek Samping Susu Kedelai.

-advertisement -