Cara Mengolah Daun Sirsak Sebagai Ramuan Herbal

2
400

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Cara mengolah daun sirsak | khasiat daun sirsak | Manfaat Daun sirsak | Selamat sehat pembaca manfaatonline, semoga kalian yang lagi sakit dapat mendapatkan kesembuhan serta yang tidak sakit, jaga kesehatan anda, rutin konsumsi makanan yang sehat, buah yang sehat dan kurangin konsumsi obat kimiawi.

Artikel kali ini akan memberitahukan kepada kalian tentang cara pengolahan daun sirsak yang sebelumnya di potong pada postingan tentang khasiat dan manfaat daun sirsak.

#Ketahui Penyakit Anda

Tentu saja, hal yang paling penting dan yang pertama yang harus anda lakukan adalah ketahui dan kenali penyakit anda. Setelah anda tahu apa penyakit anda, lalu cari tahu seberapa parah penyakit anda. 

Kenapa hal tersebut harus dilakukan? Itu karena dengan mengetahui penyakit anda dan seberapa parah, maka kita dapat menentukan penanganan yang tepat untuk penyakit anda sehingga lebih efisien dan efektif s

erta langsung mengena ke tujuan.

Advertisment

Cara terbaik, adalah lakukan medical check up di dokter klinik ataupun rumah sakit. Contoh saja, bila anda di diagnosa terkena diabetes mellitus tipe I atau tipe II. Dan dokter menilai belum parah. Maka pengobatan tradisional menggunakan ekstrak daun sirsak masih memadai. 

# Tentukan Cara Pengolahan Anda

Hal kedua yang dilakukan adalah menentukan bagaimana kita mengolah daun sirsak tersebut. Ada beberapa bentuk cara mengonsumsi daun sirsak sebagai obat seperti membuatnya menjadi serbuk, ada yang membuatnya menjadi jus atau yang lebih tradisional direbus dan dibuat sebagai teh. Khusus untuk penyakit di permukaan kulit menggunakan daun sirsak yang dihancurkan dan digunakan secara topikal (dipermukaan).

Setiap cara pengolahan daun sirsak tersebut memiliki perbedaan dalam kemampuan mengobati penyakit. Ada kadar yang untuk penyakit yang berat ada juga kadar yang untuk penyakit yang ringan. 

Mari kita bahas satu persatu cara pengolahan daun sirsak dan untuk penyakit apa saja dengan pengolahan seperti itu.

#Cara Tepat Merebus Daun Sirsak Herbal

Merebus daun sirsak itu tidak susah. Akan tetapi dibutuhkan cara yang tepat dalam merebus daun sirsak sehingga betul betul efektif sebagai obat penyakit anda. Resep berikut digunakan untuk satu hari sajian ramuan daun sirsak.

Bahan:

  • 20 lembar daun sirsak tua yang masih segar
  • 9 gelas air bersih (9 x 250 ml) 
  • Madu atau gula merah sebagai pemanis (untuk yang diabetes lebih baik pake madu)

Cara Mengolah:

  1. Tumbuk daun sirsak tersebut menggunakan ulekan hingga cukup halus sehingga mengurangi waktu masaknya. 
  2.  Kemudian rebus daun sirsak yang telah hancur + 12 gelas air , saat sudah mendidih, kecilkan apinya (agar zat kimia yang dibutuhkan tidak rusak karena pemanasan berlebih).
  3. Biarkan seperti itu terus hingga tinggal tiga gelas air saja. 
  4. Setelah itu anda dapat menampungnya dalam teko untuk anda konsumsi selama sehari. Dianjurkan setelah makan 3 kali setiap hari.
  5.  Tambahkan pemanis bila anda butuh

Sebagai catatan penting untuk anda, jangan tambahkan dengan jamu lain ataupun obat lain saat diminum. Serta resep diatas dikhususkan untuk penderita diabetes dengan berat 50 kg. Bila anda yang memiliki berat lebih dari 70 kg, silahkan tambahkan lembarnya menjadi 25 atau 30 lembar.  

Untuk obat sakit perut juga bisa menggunakan ramuan diatas, lakukan hingga sakit perut anda hilang. Bagi penyakit ringan lainnya seperti kentut kentut juga bisa. Penyakit seperti sakit kepala, demam juga dapat menggunakan rebusan daun sirsak diatas.

# Cara Mengolah Daun sirsak menjadi Teh Herbal

khasiat-manfaat-daun-sirsak
cara mengolah daun sirsak menjadi teh herbal

Kalian yang sering minum teh pasti tertarik dengan ini. Caranya mudah karena hampir sama pembuatannya dengan teh herbal lainnya yaitu daun yang kering dimasak hingga tersisa sedikit air.

Hal yang pertama anda lakukan adalah petik daun sirsak yang sudah hijau pekat (tidak usah yang masih muda) Berikut petunjuk cara mengolah daun sirsak menjadi teh herbal:

Alat Bahan
Panci/Ketel/Teko masak 15 lembar daun sirsak yang sudah dikeringkan
Kompor 1000 ml air bersih
 Sendok  Madu atau gula merah
 Alat Penumbuk  

Langkah Pembuatan teh daun sirsak:

  • Tumbuk daun sirsak yang kering sehingga halus, ini akan memudahkan senyawa senyawa penting untuk tercampur dengan air dan mengurangi waktu masak teh nya.
  • Kemudian masak satu liter air tersebut hingga mendidih
  • Ketika air telah mendidik, masukkan daun sirsak yang telah ditumbuk halus kedalam air. 
  • Kecilkan apinya sehingga air tidak mendidih lagi tapi tetap panas selama 20 menit.
  • Matikan kompor kemudian, tunggu hingga hangat, teh daun sirsak siap disajikan

Teh daun sirsak herbal diatas dapat anda gunakan untuk dosis satu hari anda. Jadi kalau mau praktis, ambil daun sirsak sebanyak mungkin langsung dari pohon sirsaknya, lalu keringkan menggunakan matahari.

Usahakan agar tercapai dosis 75 hari pemakaian  (ini berdasarkan hasil riset tentang efektivitas ekstrak daun sirsak).

Cara pengolahan daun sirsak menjadi teh herbal cocok untuk orang orang yang ingin menurunkan berat menggunakan ramuan herbal atau tradisional alami. Cara ini juga cukup baik untuk orang orang penderita diabetes, dan yang ingin memperkuat gigi mereka (mengandung katekin yang terbukti secara medis menguatkan email gigi dan mencegah karang gigi dan gigi berlubang).

Dosis diatas bersifat umum. Untuk penderita kanker dan ingin menggunakan daun sirsak dalam pengobatan. Manfaatonline.com sarankan mengonsumsi pil atau kapsul ekstrak daun sirsak yang telah dipatenkan.

# Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Jus Herbal

Cara membuat jus daun sirsak
Cara membuat jus daun sirsak

resep berikut hampir sama dengan jus herbal daun sirsak  lain yang tersebar di website lain. Adapun bahan bahan yang anda butuhkan dalam membuat jus herbal daun sirsak adalah:

  1. 20 lembar daun sirsak segar dan tua (kali pertama gunakan saja 8 daun/untuk pencegahan/jaga kesehatan, kali kedua gunakan 10 daun, hingga kali ketiga gunakan 20 daun lembar)
  2. 3 sdm madu
  3. 250 ml air putih hangat
  4. Es batu secukupnya

Cara pembuatan jus herbal daun sirsak sebagai berikut:

  1. Bersihkan daun sirsak yang akan digunakan dari kotoran kotoran dan debu dipermukaan daun. Gunakan mama lemon untuk hasil yang lebih bersih.
  2. Kemudian pisahkan daun dari ibu tulang daunnya. Sehingga hanya lembaran daun saja yang digunakan
  3. Kemudian potong potong agar mudah diblender
  4. Masukkan daun sirsak yang telah terpotong kedalam blender , air putih dan es batu secukupnya. Lakukan terus hingga halus 
  5. Tuangkan jus herbal tersebut kedalam gelas dan tambahkan madu secukupnya sesuai selera
  6. Porsi diatas cukup untuk dua kali minum, Pagi dan malam setelah makan.

Pasti anda bertanya kenapa daun sirsaknya lebih banyak dari yang ditunjukkan website lainnya. Dikarenakan efektivitas dan kemampuan yang dimiliki oleh konsentrasi pada takaran 4 lembar daun sirsak sangat berbeda dengan 20 lembar daun sirsak.

Hal ini karena disesuaikan dengan berat tubuh yaitu 50 kg dan dosis yang dirincikan efektif oleh beberapa penelitian yang ada adalah sekitar 30mg/kg hingga 100 mg/kg. Berat tersebut adalah berat kering dan ekstrak murni daun sirsak.

Menurut perhitungan dari cara pembuatan ekstrak daun sirsak menggunakan etanol, maka hanya  terdapat 10 persen saja ekstrak daun sirsak yang murni,  90 persen sisanya hanya berupa air dan karbohidrat seperti amilum.  

Sehingga bila anda ingin merasakan efeknya secara gratis (bikin sendiri) maka kita harus menghitung berat tubuh kita dan disesuaikan dengan berapa mg yang kita akan pakai tergantung penyakit yang kita miliki.

Untuk penderita diabetes, dapat menggunakan kadar 30 mg/kg, sedangkan untuk pengobatan kanker dan tumor disarankan menggunakan dosis 100 mg/kg. Walaupun ada beberapa efek samping penggunaan daun sirsak seperti ngantuk.

Untuk Hasil Maksimal dan Efektif 

Disarankan

Konsumsi Kapsul Ekstrak Daun Sirsak

Untuk cara pemakaian yang aman (walaupun sebenarnya menggunakan daun sirsak sebagai obat herbal sudah sangat aman), sebaiknya anda mengonsumsinya secara perlahan. Untuk hari pertama gunakan dosis yang rendah saja seperti 5-10 lembar daun sirsak saja. Untuk hari kedua baru gunakan 10-15 lembar daun sirsak. Untuk selanjutnya baru gunakan 15-20 lembar setiap hari. 

Ini untuk mencegah penolakan terhadap tubuh anda sehingga tubuh anda dapat beradaptasi terhadap ramuan daun sirsak yang anda buat.

Apabila terdapat gejala gejala efek samping yang berlebih seperti muntah muntah, mual mual atau terus menerus ngantuk. Kurangi dosis atau hentikan pemakaian daun sirsak. 

Yang tidak kalah penting lagi, dosis diatas merupakan dosis untuk pengobatan penyakit. Untuk pencegahan penyakit kurangi lembar daunnya menjadi 5-10 lembar saja perhari.

Demikianlah artikel tentang cara pengolahan daun sirsak sehingga dapat menjadi ramuan herbal yang efektif dan sangat berkhasiat dan manfaat untuk mengobati berbagai penyakit anda. Share and like yah bila anda ingin orang lain juga sehat karenanya

2 KOMENTAR

  1. […] Ekstrak daun sirsak memiliki efek dalam hipolipidemik atau mengurangi lemak dalam darah serta berperan sebagai antioksidan dan melindungi sel sel Beta pada pankreas. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa terjadi peningkatan produksi insulin oleh pankreas dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak selama lebih dari 72 hari. Untuk cara mengolah daun sirsak untuk mengobati diabetes, Dapat anda lihat di pada artikel cara mengolah daun sirsak untuk diabetes. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here