Efek Samping Susu Kedelai

0
165

Mari hidup sehat. Kali ini kita akan bahas tentang efek samping Susu kedelai atau soymilk. Sebelumnya kita sudah membahas tentang kandungan susu kedelai (Kalian bisa baca pada artikel ini Kandungan Nutrisi Susu Kedelai dan juga Manfaat Susu Kedelai

Efek Samping Susu Kedelai

Susu kedelai adalah hasil olahan langsung dari kedelai. Kedelai atau Glycine max adalah jenis kacang kacangan, makanya kedelai sering juga disebut “Kacang kedelai”. Kedelai yang kita kenal sekarang merupakan hasil domestifikasi dari pendahulunya yaitu Glycine soja .

Indonesia merupakan salah satu negara peminat Kedelai dan olahan kedelai seperti Tahu, kecap, tempe, susu kedelai, tauco, taosi, makanan ringan, minyak kedelai dan juga tepung kedelai. Bahkan kebutuhan tersebut sampai sekarang Indonesia masi mengimport kedelai.

Terlepas dari seringnya dan banyaknya manfaat susu kedelai dan hasil olahan produk kedelai, efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi susu kedelai harus kita ketahui dan pertimbangkan.

Apa saja efek samping dari konsumsi susu kedelai, berikut beberapa efek sampingnya.

1Kontaminasi Bahan Penyebab Kanker

Salah satu efek samping dari konsumsi susu kedelai yang tidak organik adalah adanya kemungkinan anda terkena bahan bahan kimia hasil pertanian kedelai itu sendiri. Diketahui bahwa kedelai saat ini sudah dimodifikasi genetik agar dapat terkena herbisida tanpa membunuh dan merusak tanaman kedelai.

Kemudian diketahui bahwahasil penelitian dari Food Chemistry di Amerika Serikat bahwa terdapat Glyphosate dalam kedelai yang tidak dapat dicuci, atau dengan kata lain menyerap ke dalam biji kedelai itu sendiri.

Apa itu Glyphosate. Glyphosate menurut penelitian medis adalah salah satu bahan yang karsinogenik atau dapat menyebabkan atau memicu kanker pada tubuh kita. Salah satu hal yang disebabkan oleh Glyphosate (percobaan kepada hewan) adalah keguguran dan juga perkembangan janin yang tidak normal.

- Adverstisement -

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa efek ini bertambah parah pada wanita terkait dengan masalah hormon estrogen.

2Bisa Menyebabkan Radang Atau Inflamasi

Salah satu efek samping yang dapat terjadi dari konsumsi susu kedelai terutama secara berlebih adalah radang atau inflamasi. Inflamasi dapat terjadi pada sendi sendi kita ataupun bagian lain pada tubuh kita akibat ketidakseimbangan jumlah omega 6 dan omega 3 dalam tubuh kita.

Pada Kandungan nutrisi susu kedelai, anda dapat melihat bahwa jumlah omega 6 pada susu kedelai sangatlah banyak. Hal ini sangatlah riskan dan bahaya bagi orang yang mengonsumsi sumber omega 6 lain yang banyak.

Salah satu efek samping dari konsumsi omega 6 yang banyak tanpa diimbangi omega 3 yang cukup adalah inflamasi, pendarahan semakin mudah, kemampuan tubuh untuk menampung lemak semakin tinggi (risiko obesitas naik).

Jadi ada baiknya jikalau anda tidak mengonsumsi berlebihan makanan dan minuman dari kedelai termasuk susu kedelai, khususnya bagi anda yang alergi laktosa (alergi susu sapi).

3Tenggorakan Gatal (Radang Tenggorokan)

Apabila anda adalah orang yang alergi terhadap pollen ataupun bulu kucing, hal ini dapat terjadi pada anda. Ditemukan bahwa 10 persen penderita alergi pollen menderita tenggorakan gatal setelah minum susu kedelai. Bahkan radang tenggorokan mereka semakin parah ketika minum susu kedelai.

Peneliti Jepang menyimpulkan bahwa ada hubungannya dengan protein nabati pada susu kedelai yang tidak dapat di “breakdown” atau  di olah dengan baik oleh badan sehingga tubuh menganggapnya sebagai benda asing yang mendorong tubuh bereaksi seperti alergi. Istilah ini disebut OAS atau Oral Allergy Syndrome.

4Tubuh Kesulitan Menyerap Mineral

Kok bisa efek samping minum susu kedelai itu membuat tubuh kita kesulitan menyerap mineral? Sedangkan manfaatnya dan kandungan susu kedelai banyak mineral seperti zink zat besi dan lainnya.

-advertisement -

Diketahui berdasarkan banyaknya hasil penelitian bahwa susu kedelai atau kedelai mengandung banyak asam phytik (phytic acid). Bahkan, faktanya, kedelai mengandung asam phytic lebih banyak dibanding kacang kacangan lainnya.

Diketahui juga bahwa efek dari asam phytic (acid phytic) adalah menghambat penyerapan mineral tubuh kita seperti zat besi, kalsium, magnesium, zink dan juga membatasi kemampuan penyerapan tubuh kita.

Hingga saat ini belum data yang cukup tentang berapa batasan phytic acid yang aman buat tubuh kita.
Kabar bagusnya, Beberapa hasil eksperimen menunjukkan bahwa fermentasi dapat menurunkan jumlah asam phytat (phytic acid) pada kedelai. Tapi perlu anda ketahui bahwa, susu kedelai tidak terfermentasi secara sempurna, jadi jangan minum terlalu banyak yah, cukup 1 gelas atau 2 gelas saja sehari.

Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu tubuh anda untuk melawan Asam fitat (phytic acid).

5Menganggu Penyerapan Protein

Kacang kedelai sebenarnya hampir sama dengan Telur ayam ras maupun telur ayam kampung. Apabila kalian mencoba untuk memakan kacang kedelai yang kurang masak atau tidak dimasak dengan baik ataupun diolah dengan baik maka, enzim penghambat protein yang ada dalam kacang kedelai akan ikut masuk.

Hal ini membuat penyerapan protein tubuh anda berkurang. Begitupula dengan jumlah protein pada susu kedelai pun akan sedikit yang bisa kamu serap.

Efek samping susu kedelai ini dapat kalian minimalisir dan hilangkan dengan cara pengolahan yang tepat, mulai dari perendaman kacang kedelai yang betul dan memasak kacang kedelai dengan tepat dan cukup lama.

6Kentut dan Kembung

Hum Betulkah? Efek samping susu kedelai ini sebenarnya sangat wajar, apalagi yang baru pertama konsumsi. Hal ini karena susu kedelai memiliki kandungan serat dan kandungan prebiotik yang akan menutrisi bakteri sehat pada usus kalian.

Pada awalnya, akan membuat kalian kentut dan mungkin juga kembung. Ini adalah tanda bahwa tubuh kalian mengeluarkan bakteri bakteri jahat dan hal hal yang menganggu usus kalian. Tapi ingat, apabila disertai dengan mencret berhari hari, diharapkan berhenti konsumsi dan periksakan diri anda ke dokter. Mungkin anda alergi atau anda mungkin lagi gangguan pencernaan.

-advertisement -
efek samping susu kedelai

7Mengurangi Kejantanan Pria

Hal ini masih hipotesis dikalangan para peneliti kimia makanan walaupun beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa terdapat sedikit penurunan jumlah hormon testoteron pada hewan yang diteliti.

Dengan mengonsumsi susu kedelai artinya anda memberikan asupan isoflavon pada tubuh kita. Bagi perempuan, Isoflavon bagus untuk menambah hormon estrogen mereka. Tapi bagi laki laki, artinya berlawanan dengan hormon testoteron mereka yang berperan sebagai pembentuk kelaki lakian.

Tapi tenang, belum ada bukti konkrit tentang konsumsi susu kedelai dan produk kedelai lainnya dapat berujung pada tumbuhnya payudara atau laki laki menjadi waria.

Walaupun begitu, bagi yang ingin meningkatkan kualitas spermanya dan juga kemampuannya diranjang, sebaiknya jangan konsumsi susu kedelai, ganti ke telur ayam kampung pake bawang putih dan madu setiap hari.

Silahkan baca artikel ini Manfaat bawang putih.

source:https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5188409/

Loading...

 

-advertisement -