Manfaat dan Efek Samping Daun Sirsak 

Manfaat daun sirsak dan efek samping daun sirsak herbal | Pengobatan herbal tradisional menggunakan ekstrak daun sirsak dikenal memang memiliki manfaat ynag sangat baik dan sangat berkhasiat dalam mengobati diabetes dan bahkan kanker sekalipun.

Pasti ada diantara kalian pembaca manfaatonline.com bahwa apakah konsumsi daun sirsak mempunyai efek samping atau tidak? Apakah dibalik manfaat daun sirsak yang begitu hebat ada efek samping yang cukup mengkhawatirkan. 

Pada postingan sebelumnya tentang cara pengolahan daun sirsak dan khasiat dan manfaat daun sirsak telah dijelaskan tentang manfaatnya sekaligus cara pengolahannya sesuai dengan kadar penyakit anda. 

Apakah dosis yang diberikan manfaatonline punya efek samping apa tidak akan terjawab disini dan juga bagaimana dosis yang aman dalam mengonsumsi ramuan herbal daun sirsak.

Terdapat beberapa kategori efek samping dalam penggunaan obat obatan. Dalam kasus daun sirsak, dapat kita bagi ke dalam kategori mutangenitas, neurotoksitas.

Dalam dosis yang sesuai, yaitu kurang dari 200 mg/kg per hari (bila dikisarkan untuk orang dengan berat 50 kg maka konsumsi 10 gram ekstrak daun sirsak) menimbulkan gejala dalam terbentuknya mutagen atau sel sel yang aneh serta tidak terjadi keracunan sel sel sarah. Begitupun dengan gangguan pencernaan darah dan kerja sistem organ lainnya.

Sehingga dengan kadar yang diberikan yaitu hitungan 20 lembar daun sirsak akan memiliki berat sekitar 80-100 gram, berat keringnya sekitar 7-10 % (ambil 10 %) akan diperoleh kandungan ekstrak daun sirsak sebanyak  5-10 gram.  Masih dalam kadar aman konsumsi.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lebih dari 211 mg/kg dalam sehari selama 25 hari tidak menunjukan efek samping yang berarti. Adapun efek samping terjadi berdasarkan data riset yang ada apabila manusia mengonsumsi lebih dari 1 g/kg (untuk orang dengan berat 50 kg artinya mengonsumsi 50 gram setiap hari esktrak daun sirsak), dapat menyebabkan terjadinya hipoglikemik dan hiperlipidemia serta gangguan kerja saraf atau keracunan saraf.

Akan tetapi, untuk mencapai dosis berbahaya tersebut, seseorang harus mengonsumsi sebanyak 70 gelas teh daun sirsak setiap harinya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan normal ekstrak daun sirsak, tidak akan menimbulkan efek samping yang berarti. Efek samping minimal yang dapat diakibatkan oleh konsumsi daun sirsak adalah orang gampang tertidur. 

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Untuk kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Untuk kesehatan

Demikianlah artikel tentang manfaat dan efek samping daun sirsak Annona muricata L. Tetap sehat dan share artikel ini yah. Bila anda masih ragu dengan ampuhnya ekstrak daun sirsak, silahkan coba kapsul daun sirsaknya. Tetap sehat karena sehat itu mahal.

Sumber referensi:

F.K. Arthur, E. Woode, E. Terlabi, C. Larbie. Evaluation of acute and subchronic toxicity of Annona muricata (Linn.) aqueous extract in animals Eur. J. Exp. Biol., 1 (2011), pp. 115–124

F.K. Arthur, E. Woode, E. Terlabi, C. Larbie. Bilirubin lowering potential of Annona muricata (Linn.) in temporary jaudiced rats. Am. J. Pharmacol. Toxicol., 7 (2012), pp. 33–40

F.K. Arthur, E. Woode, E. Terlabi, C. Larbie. Evaluation of hepatoprotetctive effect of aqueous extract of Annona muricata (Linn.) leaf against carbon tetrachloride and acetaminophen-induced liver damage. J. Nat. Pharm., 3 (2012), pp. 25–30

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1878535216000058

 

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY