Manfaat Daun Binahong Untuk Luka Pada Atlit

0
107
Beberapa hari yang lalu, saya mencari data manfaat daun binahong Anredera cordifolia sebagai tugas makalah saya yang bertema manfaat daun. Saya ketemu satu hal yang unik dari banyak blog yang menuliskan tentang manfaat daun binahong di google. Ketemu file pdf tentang daun binahong dalam olahraga. Ini baru bukti nyata manfaat daun binahong, gue bilang seperti itu waktu dapat file ini.
Data yang saya dapatkan dapat dibilang cukup valid karena jurnal penelitian yang dibawakan dalam konferensi internasional tentang obat-obatan alternatif dan tradisional di Surakarta tahun 2012 lalu. Judul “The Benefit of Topically Administered Binahong for Treatment of Sport Injury (Hematoma)” yang artinya adalah manfaat dari pembalut binahong untuk merawat luka olahraga (hematoma) (maaf kalau translasinya aneh).
Oke mulai ke topik tulisan yah…
Daun binahong, di Indonesia disebut gondola, di Tiongkok dikenal dengan Dheng San chi, di USA dinamai Heart Leaves (Madeira-vine). Di Brazil, binahong dikenal sebagai folha gorda dan di Jerman disebut speck blatter. Anredera cordifolia merupakan nama ilmiah untuk binahong (1).
Ekstraksi daun binahong mengandung senyawa-senyawa penting untuk penyembuhan sel ataupun luka. Hal ini dibuktikan oleh Sri Sumartiningsih dan peneliti lain sebelumnya tentang manfaat daun binahong. Menurut penelitian Sri yang diujikan terhadap tikus yang diberikan luka hematoma (terkumpulnya darah dibawah kulit karena keluar dari pembuluhnya) yang diberikan pembalut dari rizoma binahong pada bagian yang luka. Hasilnya, terjadi kecepatan penyembuhan inflamasi (radang) dan kecepatan pembentuk sel fibroblast bertambah. Sel ini yang akan membantu perbaikan luka (2).

Apa hubungannya dengan daun binahong dan akar binahong untuk luka atlit?

Pada penelitiannya ditambahkan bahwa daun binahong memiliki efek yang lebih bagus lagi dikarenakan memiliki kandungan saponin, flavonoid, dan alkaloid yang lebih tinggi termasuk juga monopoliskarida seperti L-arabinosa, D-Galaktosa dan L-Rhamnosa (2). Flavonoid, Alkaloid, dan saponin yang terkandung dalam daun binahong mampu mengobati inflamasi, kanker, antibakteri, antijamur, dan memperlancar aliran darah. Serta senyawa monopolisakarida yang ada dapat menjadi stimulan untuk pembentukan fibroblast.
Menurut analisis saya dari beberapa penelitian yang saya baca, cara terbaik menggunakan daun binahong untuk kompres luka dengan menghancurkan (ditumbuk dan diblender lebih bagus) lalu setelah halus ditempelkan pada permukaan kaki atau yang terkena hematoma kemudian diberikan perban untuk dibungkus (jangan dimasak yah agar senyawa yang ada tidak rusak, cuci saja dengan air bersih), ganti perban dan daun binahong setiap 12 jam.
Sekian tulisan saya tentang manfaat daun binahong untuk luka olahraga, untuk lebih jelasnya download dan baca saja referensi saya.

Referensi Manfaat daun binahong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here