24 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahan

3
2068

Ini berdasarkan pengalaman pribadi, tentangga saya sering sekali masak daun kelor. Saya tanya tanya katanya sangat bermanfaat untuk menambah air susu ibu, dan juga bagus untuk kesehatan. Kok bisa yah bagus untuk menambah air susu ibu? Logika saya, kalo bagus untuk menambah air susu ibu artinya gizi daun kelor itu cukup tinggi.

Manfaat  daun kelor untuk kesehatan wajah, mata, kecantikan dan cara pengolahan daun kelor sebagai ramuan herbal| Ternyata  selain memiliki beberapa mitos yang menarik dari daun kelor Moringa oleifera ini, daun kelor juga memiliki manfaat yang sangat banyak.

Selain itu, banyak pembaca yang mengirimkan pesan ke email manfaatonline.com. Beberapa dari mereka bertanya tentang manfaat daun kelor. Betulkah khasiat daun kelor sebegitu hebatnya? Apa alasannya.

Manfaat  Daun Kelor Untuk Kesehatan

Diklaim daun kelor memiliki 300 khasiat oleh WHO, daun kelor Moringa oleifera juga dinobatkan sebagai makanan penolong kekurangan gizi di beberapa negara tertinggal.

Daun kelor di negara tertinggal digunakan sebagai makanan bernutrisi tinggi untuk bayi dan juga ibu menyusui.

Advertisment

Mari kita liat kandungan daun sirsak terlebih dahulu

Kandungan Kimia dan Kandungan Gizi daun sirsak

Daun Kelor Moringa oleifera, mentah / belum dimasak
kandungan gizi untuk setiap 100 gram
Energi 64 kcal (270 kJ)
Karbohidrat
8.28 g
Serat fiber 2.0 g
Lemak
1.40 g
Protein
9.40 g
Kandungan vitamin dalam daun kelor dan persen AKG
Vitamin A setara.
(47%)

378 μg

Thiamine /vitamin B1
(22%)

0,257 mg

Riboflavin atau vitamin  B2
(55%)

0,660 mg

Niasin atau vitamin B3
(15%)

2,220 mg

Asam Pantothenat  atau vitamin B5
(3%)

0,125 mg

Vitamin B6
(92%)

1,200 mg

Folat atau vitamin B9
(10%)

40 μg

Vitamin C
(62%)

51,7 mg

Kandungan mineral dalam daun kelor
Kalsium daun kelor
(19%)

185 mg

Zat besi daun kelor
(31%)

4,00 mg

Magnesium daun kelor
(41%)

147 mg

Mangan dalam daun kelor
(17%)

0,36 mg

Fosfor
(16%)

112 mg

Potassium dlm daun kelor
(7%)

337 mg

Sodium dlm daun kelor
(1%)

9 mg

Zinc dlm daun kelor
(6%)

0,6 mg

Kandungan lain
Air 78,66 g
  • Unit
  • μg = mikrogram • mg = miligram
  • IU atau SI = International units / satuan internasional

Protein dalam daun kelor

Referensi terpercaya menjelaskan bahwa daun pada tanaman kelor adalah bagian yang memiliki gizi terbanyak. Lihat saja protein yang dikandungnya. Sudah sama dengan satu gelas susu (Apabila tercerna dengan baik oleh tubuh kita).

Vitamin C dalam daun kelor

Kandungan vitamin C daun kelor saja sudah sama dengan kandungan vitamin C dalam buah orange. Bayangkan perbandingan ekonomi dan gizinya. Walaupun dari segi rasa dan sensasi nya memang menang orange.

Zat besi dalam Daun Kelor

Bahkan substansi yang kalian butuh bagi yang kurang darah. Zat besi tentunya, sangat tinggi dalam 100 gram daun sirsak. Bahkan lebih banyak dari bayam.

Magnesium dalam daun kelor

Selain itu bagi kalian yang butuh magnesium,pelengkap zat besi dan kalsium untuk tubuh kita, daun kelor menyediakan segalanya. Kandungan gizi magnesium tersebut lebih tinggi dari bayam.

Kalsium dalam daun kelor

Kalsium. Kalsium adalah mineral yang kalian butuhkan bagi remaja yang sedang tubuh dalam jumlah besar. Kalsium dalam daun kelor itu sudah sangat tinggi. Silahkan bandingkan dengan tahu.

Dalam 100 gram tahu ada 350 mg kalsium. Dalam 100 gram daun kelor ada 185 mg kalsium. Secara teori, apabila anda makan 200 gram sama saja kandungan kalsium nya dengan tahu 100 gram. Bergizi bukan.

Kandungan Vitamin B6 dalam daun kelor

Vitamin dalam daun kelor sangat tinggi. Dalam 100 gram saja sudah cukup untuk kebutuhan vitamin B6 untuk anak umur 14-18 tahun. Bagi orang tua sekitar 1,3-1,9 mg vitamin B6.

Dalam daun kelor sudah terdapat 1,2 mg vitamin B6. Ini artinya bagi kalian yang memiliki metabolism e yang lambat atau sering loyo loyo. Daun kelor dapat menjadi sumber vitamin B6 yang akan membantu anda untuk meningkatkan daya tahan dan metabolisme anda.

Jadi kalian sudah tahu tentang kandungan dari daun kelor ini bukan. Memang, selama ini kita kita para generasi Y dan apalagi Z sudah melupakan daun kelor.

Bila dihitung hitung, daun kelor merupakan makanan bergizi yang paling murah untuk setiap 100 g.

Beberapa poin penting yang harus anda ketahui dari kelebihan dan kehebatan daun kelor adalah:

  1. Dalam hitungan daun kelor 100 gram, anda memperoleh gizi yang sama dengan satu gelas susu sapi yang berkualitas. Bayangkan 9 gram.
  2. Vitamin C dalam daun kelor sangat banyak, dihitung kadarnya dapat melebihi 3 kali jeruk. Akan tetapi, apabila sudah dimasak ataupun di haluskan, maka kadar vitamin C berkurang akibat suhu tinggi
  3. Menurut data terbaru, daun kelor mengandung zat besi lebih banyak dari bayam, sehingga baik digunakan pada penderita anemia.
  4. Kandungan protein dalam daun sirsak kering lebih tinggi dibandingkan yang masih segar dan berbentuk daun, kecuali pada vitamin C.

    Ilustrasi Kandungan Gizi Daun Kelor dan Perbandingannya dengan makanan lain
    Ilustrasi Kandungan Gizi Daun Kelor dan Perbandingannya dengan makanan lain

Jadi kesimpulannya, apabila kalian membutuhkan zat gizi, maka konsumsi dalam bentuk bubuk. Tapi apabila kalian butuhkan vitamin C serta gizinya (dalam jumlah sewajarnya), anda lebih baik masak saja dengan api yang tidak terlalu besar.

Manfaat daun Kelor Untuk Kesehatan

Jadi, setelah membahas tentang kandungan daun kelor, tiba lah kita pada  pertanyaan apa saja manfaat daun kelor? Apa alasan dibalik manfaat nya dan juga berapa batas pemakaian aman daun kelor serta efek samping bila berlebih

Berikut daftar manfaat daun kelor

  1. Bagus untuk menambah air susu ibu (ASI)
  2. Sangat baik untuk menurunkan gula darah / Penderita diabetes melitus (DM)
  3. Bermanfaat dalam menaikkan kadar insulin tubuh
  4. Mengurangi keriput diwajah (dijadikan masker daun kelor)
  5. Bila dikonsumsi dengan bawang putih sangat baik berkhasiat untuk kanker
  6. Menghilangkan sakit kepala
  7. Meningkatkan hormon dopamin
  8. Meningkatkan konsentrasi otak
  9. Meningkatkan kadar serotonin dalam otak
  10. Menjaga keadaan dan kesehatan sel otak
  11. Meningkatkan daya ingat
  12. Membantu meredakan sakit atau luka (Sama dengan indomethacin)
  13. Membantu dalam mengobati sakit jantung/ Menjaga jantung sehat
  14. Meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah
  15. Menurunkan tekanan darah ke normal
  16. Antioksidan bagi tubuh kita
  17. Menurunkan kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh
  18. Baik untuk penderita sirosis hati (kanker hati) seperti hepatitis B
  19. Menjaga kesehatan mata dan retina
  20. Menjaga kesehatan ginjal
  21. Dapat menjadi alternatif obat kanker kulit
  22. Alternatif dan tambahan dalam obati kanker serviks / kanker rahim
  23. Alternatif tambahan dalam obati kanker pankreas
  24. Berkhasiat dalam mengobati kanker usus

Itulah tadi 24 manfaat daun kelor yang terbukti secara penelitian in vitro serta in vivo…artinya terbukti berdasarkan uji laboratorium dan juga eksperimen langsung menggunakan manusia.

Mari saya jelaskan satu satu manfaat khasiat daun kelor diatas

Manfat daun kelor Untuk ASI

ASI atau air susu ibu adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh sang bayi. Sangat penting untuk menambah jumlah ASI bagi Ibu dan juga gizi dari ASI itu sendiri.

Kandungan gizi dan substansi dalam daun kelor membantu meningkatkan produksi ASI Ibu yang baru melahirkan. Penelitian yang dilakukan pada Ibu yang baru saja melahirkan atau 3-5 hari setelah melahirkan, dengan pemberian 250 mg ekstrak daun kelor dua hari sekali, terbukti. Terjadi peningkatan sejak hari pertama hingga seterusnya.

Penelitian lain menunjukkan hal serupa, bahwa dengan konsumsi daun kelor setelah melahirkan, produksi ASI mereka meningkat sebanyak 5 kali lebih banyak dari ibu yang tdk mengonsumsi daun kelor ataupun suplemen lain. Walaupun banyak produk yang dijual untuk meningkatkan air susu ibu (ASI), daun sirsak terbukti merupakan bahan alami penambah ASI yang paling baik.

Untuk cara tradisional, cukup masak saja 200 gram sayur kelor…, gunakan saat makan pagi, siang dan malam. Dijamin ngefek sama ASI nya bu.

Khasiat Dalam Menurunkan Gula Darah

Penelitian oleh Kumari (2010) menunjukan bahwa pemberian 8 gram bubuk daun kelor setiap hari selama 40 hari dapat menurunkan kadar gula dalam darah sebanyak 28 persen.

Jadi, bagi kalian yang berminat mencoba manfaat daun kelor, jangan satu dua minggu langsung menyerah yah,….lakukan hingga 40 hari. Maka kalian akan lihat sendiri efeknya.

Kenapa bisa menurunkan kadar gula darah? Senyawa atau substansi yang berperan belum ditemukan apa pastinya. Akan tetapi, memang dengan mengonsumsi dau kelor, insulin (senyawa yang berperan dalam menjaga kadar gula darah) meningkat.

Mengurangi Keriput diwajah dan luka

Kenapa bisa mengurangi keriput dan mencerahkan wajah? Dalam ekstrak daun kelor ditemukan senyawa kimia yang berperan dalam mempercepat penyembuhan sel sel.

Apa artinya itu? Artinya merangsang sel sel dipermukaan untuk memperbaiki dirinya.
Sennyawa fibrigenolitik yang dikandung daun sirsak juga dapat menghilangkan bekas bekas luka pada kulit anda.

Selain menyembuhkan kulit,karena dengan pemberian pada permukaan dapat meningkatkan hidrasi atau kelembaban kulit sehingga kulit tidak akan kekeringan. Hal tersebut sangat baik untuk keriput anda bila dilakukan dua kali sehari selama 2 bulan.

Obat Kanker (Alternatif)

Kalian sudah tau tentang bawang putih bukan. Silahkan baca artikel ini untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat bawang putih dalam menangani kanker

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Jadi, senyawa yang terkandung dalam daun kelor bekerja sinergis (saling menguatkan) dengan seyawa aktif dalam bawang putih. Jadi bila anda ingin manfaat bawang putih lebih baik lagi, silahkan dikonsumsi dengan daun kelor.

Apalagi bagi kalian pria yang ingin keperkasaan, silahkan konsumsi daun kelor dengan bawang putih tunggal lanang.

Obat Sakit Kepala

Jadi kok bisa? Daun kelor dan sakit kepala? Ditemukan dalam penelitian, bahwa dalam daun kelor terdapat senyawa paracetamol dalam jumlah kecil. Selain itu, daun kelor mampu meningkatkan hormon dopamin dan serotonin dalam otak.

Hal tersebut berarti terjadi pengurangan tingkat stress dan perbaikan mood. Ini akan sangat baik dalam mengurangi sakit kepala anda.

Cara mengolahnya cukup mudah, bikin saja sayur daun kelor. Makan sepuasnya dengan nasi dan lauk lainnya. Atau bagi yang mau yang langsung minum, silahkan beli kapsul ekstrak daun kelor.

Meningkatkan Hormon Dopamin

Kalian tau tentang dopamin bukan, hormon ini merupakan hormon yang mengatur mood seseorang. Kekurangan hormon ini dapat berakibat pada kondisi stress. Peningkatan hormon ini meningkatkan daya kerja otak dan sejenisnya.

Kadar yang digunakan dalam penelitian rujukan adalah ekstrak ethanol daun kelor 250 mg/kg berat tubuh. Jadi apabila berat tubuh anda 100 kg, maka anda butuh 25000 mg ekstrak daun kelor atau sebanyak 250 gram daun kelor atau lebih dari itu.

Peningkatan yang terjadi tidak main main, meningkat dengan kadar 44 persen. Bagi orang yang lagi depresi pasti langsung semangat nih.

Meningkatkan Kadar Hormon Serotonin

Hormon dopamin dan serotonin memiliki kerja yang sinergis pula. Hormon serotonin membantu dopamin dalam menjaga mood seseorang. Kondisi yang terjadi bila anda stress dan lagi depresi adalah, anda akan mengalami kekurangan hormon ini di otak anda.

Jadi bagi kalian yang merasa stress atau pun berat dalam belajar mempersiapkan ujian Nasional atau ujian masuk kampus (SBMPTN dan sejenisny) silahkan minta ke mama kalian buatkan sayur daun kelor untuk menu tiap hari anda.

Meningkatkan daya Ingat dan Belajar

Daun kelor juga berkhasiat dalam meningkatkan daya belajar, konsentrasi, ingatan serta kecepatan belajar anda. Terbukti dengan penelitian menggunakan mencit yang diberikan ekstrak ethanol 250 mg/kg-2000 mg/kg daun kelor menunjukkan peningkatan ingatan, perlindungan terhadap amnesia (mencit diberikan senyawa yang bisa melemahkan ingatannya) yang sangat signifikan.

Bahkan dalam salah satu penelitian menunjukkan bahwa memiliki potensi yang hampir sebanding dengan Piracetam dengan dosis 100mg/kg. Cari saja di youtube yah fungsinya piracetam apa.

Jadi bagi kalian yang mau pakai bahan alami untuk obat penambah ingatan anda dan menjaga daya ingat dan daya belajar anda. Silahkan konsumsi sayur daun kelor banyak banyak.

Meringankan Sakit/Luka

Jadi, salah satu penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun kelor memiliki fungsi yang sama dengan Indomethacin (Obat yang sering digunakan untuk pereda sakit/luka). Jadi bagi kalian yang terluka seperti sudah jatuh dari motor, dapat anda lakukan dua hal, yaitu makan daun kelor (bagusnya sebagai sayuran) serta dijadikan masker luka.

Menjaga Jantung Sehat

Konsumsi dengan bawang putih akan sangat efektif bagi anda yang sering mengalami serangan jantung. Efeknya akan sinergis sehingga akan lebih efektif dalam menangani dan mencegah kambuhnya sakit jantung anda.

Meningkatkan Hemoglobin darah

Kalian tau tidak? Kadar hemoglobin dalam darah kita akan bertambah bila anda menerima asupan zat besi yang cukup. Dalam daun kelor zat besinya sangat banyak.

Oleh karena itu, sangat baik untuk orang yang baru saja melahirkan, sudah operasi dan sebagainya. O satu lagi, bagi yang sering begadang.

Menurunkan Tekanan Darah

Satu penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun kelor dalam menurunkan tekanan darah dengan pemberian ekstrak daun kelor menunjukkan hasil yang signifikan. Hal tersebut berhubungan dengan kandungan  isothiocyanates dan thiocarbamates dalam daun kelor.

Beragam Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan
Beragam Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Kandungan tersebut memiliki khasiat yang sama dengan mengonsumsi obat penurun tekanan darah. Penelitian lain yang menggunakan ekstrak cair daun kelor yang disuntikkan ke aliran darah, terbukti menurunkan tekanan darah dan pelebaran pembuluh darah.

Manfaatonline.com tidak menyarankan anda melakukan hal diatas (penyuntikan) karena cukup berbahaya bagi anda. Silahkan konsumsi saja daun kelor seperti biasa (dijadikan sayur).

Dosis dan Batas Pemakaian Daun Kelor

Jadi, bagi kalian yang suka daun kelor dan bertanya tanya tentang apakah ada dosis aman atau batas konsumsi daun kelor.

Beberapa penelitian menunjukkan dalam wujud ekstrak ethanol yaitu 6000 mg/kg atau bila berat tubuh anda 100 kg, maka batas aman tidak keracunan adalah 600 gram ekstrak ethanol daun kelor atau sekitar 2 kg apabila kita gunakan bahwa ekstrak ethanol tersebut menggunakan pengurangan berat hingga 70 persen.

Sehingga dalam wujud sayur, batas daun kelor yang aman adalah 2 kg. Tapi itu sudah sangat banyak untuk satu orang dalam satu hari bukan.

Tapi hal yang perlu anda perhatikan adalah Ibu hamil. Jangan konsumsi daun kelor terlalu banyak. Atau bila anda sakit atau apa….jangan gunakan sirsak ataupun kelor sebagai obat alternatif anda. Walaupun belum valid 100 persen, tapi beberapa penelitian menunjukkan sirsak dan daun kelor memiliki efek menggugurkan kandungan dalam dosis yang tinggi.

dibawah ini video tentang manfaat daun kelor untuk kesehatan

Demikianlah artikel tentang manfaat daun kelor untuk kesehatan anda. Silahkan anda sebar ke teman teman anda khususnya para Ibu ibu yang baru saja melahirkan atau akan melahirkan anaknya. Akan sangat bagus untuk menambah ASI buat bayinya.

Semoga bermanfaat bagi kesehatan anda dan kenalan anda.

Referensi utama:

Examine: Moringa Oleifera (Daun Kelor) 

3 KOMENTAR

  1. Sleep apnea is a very difficult thing to live with, both for the sufferer and for people living and sleep with him or her. If you fit into either of these categories, then you know just how frustrating it can be. Read through the tips found in this article to learn the best way to survive this problem!

    If you suffer from sleep apnea, you should use a Continuous Positive Airway Pressure machine while sleeping. This will help you treat your sleep apnea and get you on the path to having a full nights sleep. This machine uses either a face or nasal mask to pump air while you sleep.

    If you are over weight, going on a diet can reduce your sleep apnea, or in rare cases, eliminate it completely. Maintaining a healthy weight can help you breathe easier, so losing weight and maintaining a healthy weight when you have trouble breathing is an obvious step in treating your sleep apnea.

    If you suffer from sleep apnea and you use a CPAP, carry your medical ID. If you need medical attention, it’s vital that the people treating you know about your condition and that you use a CPAP machine. Your ID should tell people about your sleep apnea, your use of a CPAP, and the proper pressure level for it.

    If you tend to snore a lot and have difficulties staying asleep, you should go see your doctor right away. You might have a condition known as sleep apnea: find an effective treatment so you can get enough sleep and go through your daily activities without being held back by your health problem.

    Check if a corrective device can help alleviate your sleep apnea symptoms. Having an overbite, an undersized jaw or a recessed chin can cause your airway to be more narrow because of how your jawbone is set. These devices help create proper alignment of your jaw while you sleep, opening up your airway more. As a result, you experience fewer sleep apnea symptoms.

    Consider an alternative sleep apnea flower remedy therapy (also known as essence therapy). Vervain is used in this treatment for its calming and relaxing effects. This can help treat your symptoms, including insomnia problems associated with your apnea. As an added bonus, it also helps reduce overall stress and lower high blood pressure.

    The most important aspect of dealing with sleep apnea is understanding exactly what it is. Unlike simple snoring, it is when a sleeper stop’s breathing for a short period of time while he is sleeping. If your sleep partner tells you that sometimes you stop breathing, there is a good chance you have apnea.

    If simple changes in your lifestyle, such as regular sleep hours and losing weight, have not eliminated your sleep apnea episodes, it is time to consult with a sleep specialist. The specific causes of your sleep apnea can be evaluated, and an individual treatment plan can be designed for you.

    Throughout history, sleep apnea has been one of the most frustrating, often dangerous conditions from which a person can suffer. Anyone wishing to alleviate their sleep apnea symptoms must first acquire complete comprehension of the condition’s causes and possible treatments. Keep the material from this article nearby, and you will have a useful reference to help you navigate the sea of potential solutions.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here