Manfaat Daun Kelor Untuk Pakan Ternak

0
2985

Manfaatonline.com – Kali ini kita akan bahas tentang manfaat daun kelor untuk pakan hewan ternak baik. Sudah banyak riset yang dilakukan untuk memanfaatkan daun kelor Moringa oleifera sebagai pakan ternak, khususnya ayam petelur dan juga sapi serta babi.

Alasan Daun Kelor Bagus Untuk Pakan Ternak

Apa alasan dibalik para peneliti mau mencoba daun kelor untuk pakan ternak? Alasan utama adalah tingginya protein mentah (crude protein) dalam daun kelor. Alasan kedua ialah zat besi serta kadar antibiotik yang tinggi dalam daun kelor dibandingkan pakan rumput yang biasa diberikan kepada hewan ternak sapi khususnya sapi perah.

Alasan ketiga kenapa daun kelor bagus untuk pakan ternak adalah murahnya atau mudahnya diperoleh daun kelor. Walaupun memang awal produksi untuk menunggu tumbuhan kelor Moringa oleifera untuk menjadi pohon cukup lama akan  tetapi terbilang cukup atau sangat cepat untuk tumbuhan jenis pohon. Dilansir dari ahealthyleaf.com, dibutuhkan waktu 4 bulan untuk memiliki pohon kelor setinggi 2,7 meter.

Dalam waktu 6 bulan, anda akan memperoleh pohon kelor setinggi 3-4 meter. Saat itu, daun moringa oleifera akan siap untuk anda panen.

Alasan keempat adalah aman untuk dikonsumsi bagi ternak anda. Tidak ada riset yang menunjukkan bahwa pakan daun kelor berbahaya untuk pakan ternak baik itu ayam petelur, ayam pedaging, sapi, kambing dan ternak lainnya.

Advertisment

Baca artikel tentang terkait tentang manfaat daun kelor dibawah ini:

  1. Manfaat Daun Kelor Untuk Mata dan 4 Penyakit Mata
  2. 8 Manfaat Daun Kelor Untuk Wajah | Digunakan Sebagai Masker Wajah
  3. 24 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahan

Manfaat Daun Kelor Untuk Pakan Ternak

Jadi apa manfaat daun kelor untuk pakan ternak, kita akan bahas dulu untuk sapi perah.

  1. Meningkatkan kadar protein dalam susu sapi perah
  2. Mengurangi biaya produksi susu sapi
  3. Meningkatkan kadar antibiotik dalam susu sapi perah sebanyak 22 persen

Manfaat daun kelor untuk ayam petelur adalah (dalam pemberian pakan 20 persen daun kelor).

  1. Mengurangi potensi ayam terkena penyakit
  2. Meningkatkan produksi telur dan meningkatkan peningkatan dan kecepatan pertambahan bobot ayam (tidak lebih dari 20 persen, karena riset menunjukkan lebih besar dari itu malah mengurangi bobot, kemungkinan besar karena efek daun kelor dalam mengurangi kolesterol).
  3. Meningkatkan kadar antibiotik dalam telur yang dihasilkan. Jadi telur yang dihasilkan akan mengandung lebih banyak antibiotik dari biasanya sehingga orang akan semakin sehat bila konsumsi telur dari pakan daun kelor.

Cara Menggunakan Daun Kelor Untuk Pakan Ternak

Untuk pakan sapi, banyak ahli ternak menyarankan untuk dijadikan silase atau fermentasi kering pakan ternak. Hal ini agar daya cerna ternak akan daun kelor semakin tinggi. Akan tetapi boleh juga diberikan mentah begitu saja.

Manfaat daun kelor untuk pakan sapi ternak
Manfaat daun kelor untuk pakan sapi ternak – Di Amerika sudah dikembangkan pelet khusus untuk pakan ternak begitupula di Eropa untuk sapi perah mereka. Meningkatkan hasil susu sebanyak 60 persen

Pakan ternak sapi menggunakan daun kelor sebaiknya dalam kadar 20 atau 30 persen saja. Jangan seluruhnya menggunakan daun kelor. Hal ini karena memang diet sapi ternak baik itu pedaging maupun perah lebih diutamakan pada selulosa dan hemiselulosa (yang banyak dalam rumput khususnya rumput gajah).

Ada beberapa penelitian juga menyarankan untuk menambahkan dalam bentuk fermentasi daun kelor yang berbentuk cair dan dicampurkan ke minuman sapi. Hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh hewan ternak terhadap penyakit.

Untuk pakan ayam, riset dibidang ini melakukannya dalam bentuk bubuk atau daun kelor yang dicampurkan dalam pakan utama ayam. Kadar yang dianjurkan kurang dari 20 persen. Beberapa riset melakukannya dalam kadar 10-20 persen.

Manfaat daun kelor untuk pakan ayam ternak - Di USA sana sudah dikembangkan pellet pakan ayam untuk meningkatkan kadar protein dalam telur ayam yang dihasilkan. Banyak juga yang langsung memberikannya pada ayam mereka
Manfaat daun kelor untuk pakan ayam ternak – Di USA sana sudah dikembangkan pellet pakan ayam untuk meningkatkan kadar protein dalam telur ayam yang dihasilkan. Banyak juga yang langsung memberikannya pada ayam mereka

Lakukan juga pembuatan fermentasi daun kelor sebagai air minum ayam agar ketahanan tubuh ayam dari penyakit sehingga biaya produksi ayam petelur dapat ditekan dibagian vaksin dan obat obatan ayam.

Demikianlah artikel tentang manfaat daun kelor untuk pakan ternak ayam dan sapi.

Saya ingatkan kembali jangan berikan pakan lebih dari 30 persen untuk sapi dan untuk ayam jangan lebih dari 20 persen. Efeknya tidak beracun akan tetapi malah dapat mengurangi pertambahan bobot. Diperkirakan berhubungan dengan efek daun sirsak dalam menangani kolesterol dan lemak tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here