Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

1
70
Kemangi Atau Basil dalam bahasa inggris, atau nama ilmiahnya Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. adalah tumbuhan terna kecil yang daunnya biasa digunakan sebagai lalapan. Aroma daun kemangi sangat khas, kuat namun juga lembut dengan sentuhan aroma jeruk.
Kemangi Atau Basil dalam bahasa inggris, adalah tumbuhan terna kecil yang daunnya biasa digunakan sebagai lalapan.

Manfaat Daun Kemangi

Hampir setiap hari kita melihat tumbuhan yang satu ini. Tumbuhan ini memiliki bau yang khas dan sudah sangat familiar di kehidupan kita. Tumbuhan yang biasa di sebut “kemangi” atau nama ilmiah disebut Ocimum sanctum juga sering kita jumpai di warung makan sebagai lalapan. Tahukah Anda, selain dapat disajikan secara langsung ternyata daun kemangi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan jika diolah. Manfaat daun kemangi salah satunya dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Lantas, bagaimana cara sehat dengan daun kemangi? Bagaimana pula cara mengolahnya? Apa sajakah penyakit yg dapat disembuhkannya?

Temukan jawabannya hanya di dalam artikel ini. Di sini kita akan berbagi cara mudah dalam mengolah daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan.

Dalam beberapa penelitian diketahui bahwa daun kemangi ini memiliki banyak kandungan zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya vitamin A (kandungan terbesar), vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium serta fosfor. Di dalam daun kemangi ini juga terdapat kandungan alkaloid, triterpenoid, flavonoid yang mampu memberikan efek antibakteri(1).

Berikut kandungan gizi dalam daun kemangi:

Tabel Nutrisi Daun Kemangi
Nutrisi yang terkandung dalam daun kemangi dalam 21.2 gram
No Nutrisi AKG (%)
1 Vitamin K 98
2 Mangan 12
3 Tembaga 9
4 Vitamin A 6
5 Vitamin C 5
6 Kalsium 4
7 Folat 4
8 Zat Besi 4
9 Lemak Omega-3 3
10 Magnesium 3

Berikut ini merupakan manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan:

Advertisment
  1. Mengatasi Keputihan

Masalah keputihan merupakan permasalahan yang lumrah pada kebanyakan kaum wanita. Ironisnya kebanyakan wanita tidak mengetahui tentang keputihan dan penyebab keputihan pada wanita itu sendiri dan malah menjadikan keputihan sebagai hal yang enteng. Justru jika tidak ditangani dengan baik, keputihan bisa berakibat fatal. Keputihan disebabkan oleh jamur, kandungan eugenol pada daun kemangi ini dapat mengatasi jamur penyebab keputihan. Jadi, saat Anda mengalami keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain.

  1. Mengatasi bau badan dan bau mulut

Sama dengan permasalahan diatas, bau badan dan bau mulut merupakan hal yang lumrah terjadi pada siapapun. Banyak orang yang menganggapnya hal yang biasa dan tidak memperhatikannya, padahal permasalahan ini dapat membuat kita tidak percaya diri dan mengganggu orang yang ada disekitar kita. Kandungan zat aktif daun kemangi juga dapat mengatasi bau mulut dan bau badan, caranya sangat mudah cukup dengan rajin – rajin mengonsumsi daun kemangi bisa dengan dijadikan lalap ataupun dengan dijadikan sayur. Untuk mengatasi bau mulut, dapat pula dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Ambil daun kemangi, biji juga akarnya
  • Bersihkan dan kemudian seduh dengan air panas
  • Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu
  • Minum air tersebut di setiap pagi sebe­lum beraktivitas.
  1. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan
    Daun Kemangi

    Menyehatkan mata

Daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang terbesar (lihat tabel diatas, bayangkan kalau anda makan 100 gram atau 200 gram) sehingga dengan sering – sering mengkonsumsi daun kemangi ini kesehatan mata kita juga dapat tetap terjaga.

  1. Menangkal radikal bebas

Kha­siat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memi­liki antioksidan yang sangat baik untuk mela­wan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mampu mencegah pertumbu­han bakteri, virus dan jamur.

  1. Melancarkan ASI

Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi mem­berikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang fungsi kerja dari hor­mon estrogen dan juga hormon androgen, ser­ta mencegah pengeroposan tulang.

  1. Membantu pertumbuhan tulang

Bagi anak – anak kandungan kalsium, zat besi dan fosfor sangat dibutuhkan. Ketiga kandungan ini dapat diperoleh dari daun kemangi. Dengan banyak – banyak mengkonsumsi daun kemangi ini, maka tubuh kita dapat memperoleh kandungan kalsium dan fosfor yang banyak pula sehingga dapat membantu dalam pertumbuhan tulang.

  1. Anti bakteri

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh biro penelitian dan aplikasi, Universitas Ataturk, Turki, menunjukkan bahwa ekstrak ethanol dari daun kemangi mempunyai daya anti bakteri terhadap sembi­lan species termasuk dari genus Acinetobacter, Bacillus, and Micrococcus. Sedangkan ekstrak methanol dan hexanol dari daun kemangi menunjukkan adanya aktivitas anti bakteri terhadap tiga belas species dari tujuh genus termasuk Acinetobacter, Bacillus, Brucella, Eschericia, Micrococcus, dan Staphylo­coccus, dan efek anticandida terhadap Candida albicans(2). Daun kemangi telah diteliti oleh seorang peneliti dari Universitas Jember untuk dijadikan bahan dasar untuk pembuatan hands sanitizier. Sehingga memang benar, kalau salah satu manfaat daun kemangi itu sebagai antibakteri. Mantap bukan !

1 KOMENTAR

  1. Berdasarkan dari sifatnya yang anti bakteri juga, daun kemangi bisa membatasi pertumbuhan bakteri E coli dan B anthracis yang memicu infeksi kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here