Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes Kering

3
355

Manfaat Daun Sirsak untuk diabetes kering, diabetes melitus, dan kencing manis | Kalian sudah tahu tidak tentang manfaat daun sirsak untuk penyakit diabetes ataupun kencing manis dan diabetes kering.

Daun dari tanaman Annona muricata ini memang ajaib dan memiliki banyak khasiat. Mari kita simak penjelasan lebih mendalam tentang bagaimana khasiat daun sirsak dalam mengobati penyakit diabetes

Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Karena anda lebih membutuhkan cara pembuatan atau pengolahan daun sirsak ini maka akan saya ulas lebih pertama tentang cara mengolah daun sirsak Annona muricata untuk ramuan herbal penderita diabetes kering/basah, diabetes melitus ataupun kencing manis.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Diabetes

Cara Mengolah Untuk Obati Penyakit Diabetes Melitus cukup mudah. Ada dua tambah satu cara. Dua cara tersebut adalah dengan rebusan daun sirsak atau teh daun sirsak.

Rebusan Daun Sirsak Untuk Obati Diabetes

Jadi, pertama siapkan 20 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu mudah (penggunaan satu hari). Siapkan 5 gelas air putih. Pertama masak air tersebut hingga mendidih di dalam teko tertutup.

Advertisment

Selanjutnya ketika air telah mendidih, kurangi nyala api anda agar suhu air tidak terlalu tinggi. Buka teko dan masukkan 20 lembar daun sirsak tersebut. Kemudian tutup tekonya kembali.

Lanjutkan memasak daun sirsak tersebut  dengan nyala api rendah agar suhu air tidak merusak senyawa penting daun sirsak yang baik untuk obati penyakit diabetes.

Masak selama 15 menit. Rebusan daun sirsak siap untuk digunakan selama satu hari. Satu gelas sebelum makan pagi, satu gelas rebusan daun sirsak sebelum makan siang dan juga satu gelas lagi sebelum makan malam.

Ulangi hingga  2 minggu lebih. Apabila terjadi penurunan pada kadar gula anda silahkan lanjutkan hingga kadar gula anda normal kembali (tidak lagi diabetes). Apabila anda ingin mengonsumsi terus, harap kurangi dosis daunnya menjadi 10 daun sirsak saja.

Resep Teh Daun Sirsak Untuk Diabetes

Ini juga cukup mudah dilakukan. Saya sarankan agar mengeringkan daun sirsak banyak banyak saja agar cukup untuk suplai selama 30 hari penggunaan.

Jadi kumpulkan daun sirsak yang bagus (tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda). Keringkan di bawah terik matahari dengan menutupinya dengan kertas koran dibagian atasnya dan bagian bawah (sebagai alas).

Ini agar sinar UV tidak terlalu merusak bahan kimia penting dalam daun sirsak yang berperan dalam mengobati diabetes. Selain itu, mempercepat pengeringan.

Jemur hingga daunnya dapat dipatahkan dengan muda (tapi tidak boleh terlalu kering juga). Biasanya waktu menjemur dalam kondisi matahari yang bagus cukup 3 hari saja.

Setelah itu, blender daun sirsak tersebut dan kemudian ditumbuk hingga halus. Masukkan kedalam toples.

Dalam membuat tehnya, anda masak dulu airnya, hingga mendidih, kemudian matikan apinya, lalu masukkan bubuk daun sirsak yang telah anda buat sebelumnya.

Untuk  teh 3 kali minum sehari (dosis satu harian untuk penderita diabetes) masukkan 3 sendok makan bubuk daun sirsak. Minum terus hingga 2 minggu dan periksakan kadar gula darah anda.

Apabila terjadi penurunan kadar gula, lanjutkan hingga kadar gula anda normal kembali. Kurangi dosis apabila kadar gula anda sudah normal menjadi 1 1/2 sendok makan saja.

Cara Ketiga | Kapsul Ekstrak Daun Sirsak

Cara ini yang paling praktis dari semuanya akan tetapi cukup memakan isi dompet dan rekening anda. Untuk Botol isi 50 kapsul ekstrak daun sirsak seharga Rp. 100.000 di pasaran.

Akan  tetapi, kelebihan dalam meminum ekstrak daun sirsak adalah kandungan kimia pentingnya lebih terjamin. Dosis lebih pasti dan aman, dan efek manfaat yang lebih baik.

Bagi anda yang punya duit berlebih (sudah punya 1 mobil pribadi, bukan cicilan) silahkan gunakan kapsul ekstrak daun sirsak. Bila tidak, gunakan dua cara diatas saja. Silahkan baca tentang efek samping overdosis penggunaan daun sirsak dibawah ini.

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Daun Sirsak

Kenapa Daun Sirsak Bermanfaat Untuk Diabetes?

Sebelum saya jauh menjelaskan kenapa bisa. Saya akan jelaskan sedikit tentang diabetes melitus.

Apa itu Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah gangguan/penyakit pada tubuh manusia yang ditandai dengan terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Penyakit ini terjadi karena kurangnya produksi insulin dalam tubuh kita.

Meningkatnya gula dalam darah membuat anda mengalami kencing manis (artinya ada gula dalam air seni anda). Adanya gula ini karena terlalu banyak gula dalam darah yang diolah di ginjal dan juga karena rusaknya glomerulus anda.

Ketahui anda terkena diabetes dengan gejala gejala ini
Ketahui anda terkena diabetes dengan gejala gejala ini

Apa Itu Insulin

Insulin adalah hormon yang berperan penting dalam tubuh kita dalam metabolisme glukosa. Istilah metabolisme glukosa artinya mengubah gula yang anda makan (baik itu gula, nasi, roti dan banyak lagi) menjadi energi ataupun simpanan energi (lemak).

Insulin diproduksi di pankreas (nanti akan diberitahukan tentang efek daun sirsak pada pankreas).

Apa itu Diabetes kering dan Diabetes Basah

Dilansir dari Halodokter dan Alodokter, bahwa tidak ada dalam istilah medis yang dinamakan diabetes kering dan diabetes basah.

Istilah yang ada dalam ilmu medis adalah diabetes melitus tipe 1, diabetes melitus tipe 2 dan diabetes melitus tipe 3.

Diabetes melitus tipe 1 terjadi karena adanya kerusakan pada pankreas sehingga tidak adanya produksi insulin atau sangat kurang produksi insulin.

Diabetes melitus tipe 2 adalah berkurangnya produksi insulin oleh pankreas akibat adanya gangguan zat kimia tertentu dalam tubuh dan juga pengaruh makanan/minuman dan obat obatan. Diabetes melitus tipe 2 juga terjadi karena sel sel tubuh kurang peka (resisten) terhadap insulin.

Diabetes melitus tipe 3 sering terjadi pada ibu hamil. Sering disebut diabetes gestasional.

Jadi yang mana diabetes kering dan basah? Kedua jenis diabetes ini termasuk dalam diabetes tipe 2. Istilah tersebut sering disebut dalam masyarakat karena bentuk fisik penderita.

Pada penderita diabetes melitus yang banyak komplikasi luka pada tubuhnya akan mengalami penyembuhan yang lambat. Hal ini diakibatkan tingginya kadar gula dalam darah. Hal ini membuat mudahnya terjadi infeksi pada luka tersebut. Sehingga membuat penderitanya terlihat “basah” pada luka luka tersebut.

Sedangkan penderita diabetes kering itu artinya fisiknya kurus kering. Tubuhnya tidak memiliki luka yang membengkak.

Akan tetapi, apabila anda melihat penderita diabetes basah, dapat anda asumsikan bahwa diabetesnya sudah parah. Harus segera ditangani karena dapat berarti bagian yang luka tersebut akan rusak, terinfeksi dan akhirnya akan diamputasi.

Alasan Dibalik Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes Melitus atau Kencing Manis

Sekarang kita kembali ke pembahasan awal. Kenapa daun sirsak dapat mengobati penyakit diabetes melitus ataupun kencing manis.

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Adeyemi (Ahli biokimia Organik Nigeria) membuktikan bahwa mencit yang mengalami diabetes berat (akibat suntikan streptozotocin / obat penyebab diabetes) setelah diberi ekstrak daun sirsak sebanyak 100 mg/kg berat badan selama 2 minggu mengalami penurunan kadar gula dalam darah.

Penurunan yang terjadi tidak main main, sebesar 400 persen penurunan. Yaitu dair 21.64 mmol/L ke 4.22 mmol /L.

Selain menurunkan kadar gula darah, ekstrak daun sirsak juga menjadi antioksidan dan juga melindungi sel sel Beta pankreas (sel sel pada pankreas yang memproduksi insulin).

Hal ini dibuktikan oleh peneliti di Kamerun. Terliaht bahwa ekstrak daun sirsak pada kadar 150 dan 300 mg/kg selama 14 hari terbukti menurunkan kadar gula darah serta meregenerasi (menyembuhkan) sel sel pankreas B.

Itu artinya, ekstrak daun sirsak berpotensi dalam menyembukan penyakit diabetes tipe 1 dan juga tipe 2.

Jadi apakah anda sudah siap untuk sembuh dari diabetes anda. Silahkan konsumsi daun sirsak. Ingat jangan terlalu banyak yah karena ada efek sampingnya.

Sekian artikel tentang khasiat manfaat daun sirsak untuk diabetes melitus / kencing manis/ diabetes basah dan kering.

Berikan komentar bila anda punya pengalaman tentang menggunakan daun sirsak sebagai ramuan herbal obati penyakit diabetes melitus anda atau anda punya pertanyaan sekitar manfaat daun sirsak untuk diabetes melitus.

Khasiat manfaat daun sirsak untuk diabetes melitus | kencing manis | Tes gula darah anda
Khasiat manfaat daun sirsak untuk diabetes melitus | kencing manis | Tes gula darah anda

Tag

Tag:manfaat rebusan daun sirsak untuk diabetes manfaat daun sirsak bagi diabetes manfaat daun sirsak buat diabetes  manfaat daun sirsak untuk diabetes pdf khasiat daun sirsak untuk diabetes khasiat daun sirsak buat diabetes khasiat daun sirsak bagi diabetes khasiat daun sirsak dan diabetes.

khasiat daun sirsak untuk mengobati diabetes manfaat daun sirsak untuk obat diabetes manfaat daun sirsak untuk obat penyakit kegunaan daun sirsak untuk diabetes manfaat daun sirsak untuk kencing manis manfaat daun sirsak untuk penyakit khasiat rebusan daun sirsak untuk diabetes manfaat teh daun sirsak untuk diabetes manfaat daun sirsak utk diabetes khasiat daun sirsak utk diabetes diabetes manfaat daun sirsak untuk penderita diabetes manfaat daun sirsak untuk pengobatan diabetes khasiat daun sirsak untuk penderita diabetes manfaat daun sirsak bagi penderita diabetes manfaat daun sirsak buat penderita diabetes khasiat daun sirsak bagi penderita diabetes

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here