Manfaat Kulit Buah Naga Dan Teh Kulit Buah

Manfaat Kulit Buah Naga Dan Teh Kulit Buah Naga| Kalian tahu buah naga bukan, sebelumnya telah dijelaskan manfaat buah naga terkhusus pada dagingnya. Kali ini akan kami ulas tentang manfaat kulit buah naga merah dan juga alasan dibalik manfaatnya.

Apa Manfaat Kulit Buah Naga?

Kulit buah naga berdasarkan hasil penelitian in-vitro di berbagai negara serta pembuktian kebudayaan dari dulu, berikut manfaat kulit buah naga:

  1. Meningkatkan intensitas pembersihan darah pada ginjal dengan kata lain membersihkan racun dalam tubuh.
  2. Mengobati kanker prostat 
  3. Mengobati dan mencegah kanker payudara
  4. Mengobati dan mencegah kanker kulit
  5. Mengobat dan mencegah kanker paru paru
  6. Mengobati diare
  7. Menurunkan kadar diabetes tubuh 
  8. Menurunkan kolesterol buruk anda 
  9. Meningkatkan sistem imun 
  10. Antioksidan kuat, bagus untuk perokok aktif
  11. Menangani gangguan pencernaan karena serat tinggi
  12. Menurunkan tekanan darah tinggi
  13. Menguatkan pembuluh darah bagi penderita penyumbahan pembuluh darah, serta bagi orang bertekanan darah tinggi
  14. Dapat menjadi obat anti-inflamasi atau radang seperti radang sendi , arhtritis, termasuk juga asam urat dan juga gout.

Peringatan: Jangan dicampur dengan air kelapa karena akan mengakibatkan anda kencing kencing berat. Potassium yang terkandung dalam air kelapa sudah cukup banyak untuk membuat anda lancar buang air kecil. Baca disini Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ginjal Sehat.

Alasan Manfaat Kulit Buah Naga Merah

Jadi setelah kalian tahu manfaat kulit buah naga merah diatas, masih mau buang kulitnya? Atau mungkin kalian ragu akan manfaat kulit buah naga merah diatas? Berikut ulasan kenapa bisa manfaat kulit buah naga merah seperti diatas. Lihat tabel nutrisi dan kandungan kimia kulit buah naga merah disini Tabel Nutrisi Kulit Buah Naga

Betalain (Betasianin) dalam Kulit Buah Naga Merah

Apa itu betalain. Ini merupakan pigmen warna pada kulit buah naga merah. Kandungan betalalain dapat anda temukan juga pada umbi bit.

Betalain memiliki karakteristik warna merah. Oleh karena itu, betalain paling tinggi terdapat pada buah naga yang merah. Khususnya yang berdaging merah pula, walaupun harganya sedikit lebih tinggi.

Betalain ini berperan sebagai senyawa anti inflamasi, antioksidan kuat, dan juga sebagai zat protektif terhadap otot otot pembuluh darah (sumber: NCBI).

Begitupula dengan tumor dan kanker yang ada, terbukti secara in-vitro beberapa penelitian menujukkan bahwa betalain (tepatnya jenis betasianin) berperan dalam melawan sel sel kanker dan tumor. Kadarnya tidak sedikit, kadar sesuai tabel nutrisi di link diatas itu sama dengan kadar bubuk bit (umbi bit merupakan betasianin tertinggi).

Manfaat kulit buah naga merah untuk kesehatan dan kecantikan anda
Manfaat kulit buah naga merah untuk kesehatan dan kecantikan anda

Pektin dalam Kulit Buah Naga Merah

Pektin merupakan salah satu jenis serat. Serat ini memiliki jumlah yang terbilang cukup banyak dalam kulit buah naga. Serat pektin dalam beberapa artikel ilmiah dijelaskan (sulit saya cantunmkan karena file pdf), berperan dalam membantu dalam mengobati kanker payudara, kulit, paru – paru. 

Pektin juga sering digunakan sebagai obat penurun kolesterol buruk (LDL), dan juga untuk mengatasi diare

Oleh karena itu, kulit buah naga merah sangat bagus untuk kanker payudara dan prostat karena peranan pektin dan betasianin dalam kulit buah naga.

Lignin Dalam Kulit Buah Naga Merah

Lignin ini juga berperan bersama pektin dalam mengatasi diare. Dua komponen serat ini juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol buruk dalam darah. 

Selain itu, dengan betasianin dan lignin serta pektin, sangat baik dalam mengatasi, mencegah kanker usus yang sering terjadi pada orang tua yang sering makan sembarang dan minum minuman keras beralkohol.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Kulit Buah Naga Merah

Mudah kok, kalian bisa makan langsung dengan buahnya. Tentu saja dipotong kecil kecil terlebih dahulu kulitnya.

Atau kalian bisa melakukan sedikit usaha dengan membuatnya menjadi bahan rujak. Menggunakan kulit buah naga, daging buah naga, dan buah buahan lainnya.

Bisa juga dibuat salad, atau diubah menjadi bahan acar, di haluskan tentu saja.

Ada resep juga yang membuatnya menjadi teh. Berikut caranya

Teh Kulit Buah Naga

Bahan tentu saja kulit buah naga, boleh ditambah gula sedikit saja atau ganti saja dengan madu secukupnya. Jangan terlalu manis.

Cara buatnya mudah, pertama, iris kecil kecil buah naganya, kemudian jemur hingga satu hari. Lalu selanjutnya disimpan dalam toples, usahakan pake toples yang ada lubang lubang kecilnya diatasnya sehingga tidak lembab. Selanjutnya, ambil secukupnya untuk dibuat teh dengan cara menyeduh menggunakan air mendidih (jangan dimasak) dalam teko.

Minum dipagi hari dan malam hari, dan nikmati manfaat kulit buah naga. 

Efek Samping Kulit Buah Naga

Sebelum itu, kita batasi dulu konsumsi normal kulit buah naga bagi manusia, dalam karya ilmiah  Plant Betalains: Safety, Antioxidant Activity, Clinical Efficacy, and Bioavailability oleh Mohammad Imtiyaj Khan, diterangkan bahwa konsumsi betalain manusia karena penelitian yang masih kurang dibatasi 100 mg perhari dan karena kurangnya penyerapan oleh tubuh karena tingkat kelarutannya dalam air.

1 Buah naga merah dengan berat 260 g memiliki berat kulit sebanyak 20 % atau 52 g. Dalam 100 gram berat kering kulit buah naga terdapat 150 mg betasianin, artinya anda hanya boleh mengonsumsi 66 gram kulit buah naga kering dalam satu hari.

Ada tidak efek samping kulit buah naga? Bagi manusia normal, efek samping yang dapat muncul dalam konsumsi normal kulit buah naga contohnya dalam bentuk teh adalah kencing kencing. Tapi itu wajar, karena proses detoksifikasi salah satu bentuknya adalah kencing kencing.

Hingga saat artikel ini diterbitkan belum ada artikel yang menjelaskan secara jelas tentang efek samping terlalu banyak mengonsumsi kulit buah naga kecuali artikel diatas. Jadi jangan konsumsi kulit buah naga kering lebih dari 50 gram lah (kurangin sedikit supaya aman), untuk kulit buah naga basa, dapat lebih berat lagi sekitar, kurang dari 400 gram kulit buah naga basa atau 2 buah naga merah dan kulitnya.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Naga Merah Untuk Ibu Hamil

Kesimpulan

Jangan pernah buang kulit buah naga merah ataupun jenis buah naga lainnya, jadikan bahan salad ataupun teh herbal untuk dijadikan ramuan sehat harian anda.

Kulit buah naga merah dapat juga anda jadikan pewarna makanan alami.

Demikian ulasan Naura tentang  manfaat kulit buah naga merah dan teh kulit buah naga merah. Bila ada komentar dan pendapat, pertanyaan atau tanggapan tentang kulit buah naga, silahkan….Naura akan berusaha untuk jawab.

Bila Anda rasa artikel ini bermanfaat untuk anda, mari berbagi dan bagikan ke teman sosial media anda baik itu twitter, facebook, Path dan lainnya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY