8 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Curcuma domestica atau curcuma longa atau di Indonesia dikenal dengan nama kunyit. Kalau dengar nama kunyit larinya pasti ke makanan. Kunyit memang salah satu rempah yang sering digunakan dalam masakan atau kuliner Indonesia. Tapi, kalian tahu tidak manfaat kunyit untuk kesehatan anda. Kunyit bagi yang belum tahu, dari dulunya digunakan selain sebagai bumbu masakan, digunakan sebagai obat obatan atau herbal tradisional. Bagi Ibu Ibu Hamil pasti tahu tentang manfaat kunyit untuk ibu menyusui dan lagi hamil serta manfaat kunyit untuk membersihkan noda noda hitam di wajah anda.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Dilihat dari segi nutrisi, seperti kebutuhan anda terhadap mineral dan vitamin, kunyit dapat dikatakan masih kurang potensial sebagai sumber yang baik dikarenakan mengonsumsi banyak kunyit atau dalam jumlah besar kedalam tubuh dari segi rasa saja kurang enak  rasanya. Oleh karena itu, manfaat kunyit lebih diberatkan pada kandungan curcumin yang dimilikiya. Berikut berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan anda  seperti:

[tie_slideshow]

[tie_slide]

Manfaat Kunyit sebagai Anti Inflamasi

Bagi kalian yang mengalami pembengkakan pada salah satu bagian tubuh anda, baik itu organ luar ataupun organ dalam, curcumin berdasarkan uji klinis yang anda, curcumin yang terkandung dalam kunyit mampu memberikan efek yang signifikan sebagai anti inflamasi (1).  Bahkan berdasarkan hasil uji tersebut, senyawa curcumin terbukti lebih ampuh terhadap inflamasi dibandingkan obat obatan seperti hydrocortisone dan fenilbutazon.

Manfaat kunyit sebagai obat anti inflamasi alami ini terbukti aman dikarenakan dalam batas pemakaian yang dianjurkan tidak akan ada efek samping (2) (3). Hal ini membuat beberapa penyakit organ dalam khususnya pencernaan. Untuk menjelaskan secara detail tentang manfaat curcumin dalam mengatasi inflamasi mungkin akan sangat sulit. Akan tetapi, inflamasi termasuk sebagai salah satu penyebab kanker pada saluran pencernaan.

M
berbagai manfaat kunyit dan khasiat untuk kesehatan

[/tie_slide]

[tie_slide]

Manfaat Kunyit : Mengobati Rheumatoid Arthiritis

Curcumin secara klinis telah terbukti sebagai antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan seperti yang anda ketahui, mampu menanggulangi radikal bebas yang mampu memberikan kerusakan bagi sel sel sehat dan membran sel anda. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya radikal bebas adalah rheumatoid arthritis yang merupakan radang sendi kronis yang sakit dan dapat merusak sendi.

Selain efek antioksidannya yang kuat, anti inflamasi yang diberikan oleh kandungan kunyit (curcumin) memberikan efek yang sempurna bagi penderita randang sendi khususnya radang sendi kronis. Mengonsumsi kunyit secara teratur berdasarkan uji klinis mampu memberikan efek yang lebih baik dibandingkan fenilbutazon (obat radang sendi).

Aneka manfaat kunyit untuk kesehatan
Obat Kurkumin Untuk Kesehatan

[/tie_slide]

[tie_slide]

Manfaat Kunyit:  Antioksidan dan Ketahanan Tubuh

Kerusakan tubuh akibat oksidasi atau radikal bebas telah terbukti menjadi salah satu sebab terjadinya penuan dan banyak penyakit lainnya. Radikal bebas yang merupakan molekul yang memiliki elektron yg tidak berpasangan dan dapat bereaksi terhadap subtansi subtansi penting dalam tubuh seperti asalm lemak, protein bahkan DNA. Disinilah antioksidan berperan dalam melindungi tubuh dan menjaga ketahanan tubuh terhadap radikal bebas. Curcumin yang terkandung dalam kunyit sangat bermanfaat dalam menjaga ketahanan tubuh dan kesehatan kita dengan menetralisir radikal bebas oleh karena struktur kimianya (4)(5). Selain dari itu, curcumin juga membantu dalam mendorong aktivitas berbagai enzim enzim antioksidan lainnya yang penting untuk tubuh (6)(7).

Oleh karena itu curcumin dalam kunyit sangat penting dalam meningkatkan ketahanan dan kesehatan tubuh dalam dua cara, pertama bertindak sebagai antioksidan dan sekaligus mendorong aktivitas aktivitas enzim lain sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas.

Manfaat kunyit untuk kesehatan
Manfaat kunyit untuk kesehatan

[/tie_slide]

[tie_slide]

Manfaat Kunyit : Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kunyit yang satu ini selain meningkatkan fungsi otak juga menghindarkan kita dari depresi dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit Alzheimer. Penelitian membuktikan bahwa beberapa bagian dari otak kita, terdapat neuron (sel sel saraf) yang mampu membelah dan memperbanyak diri. Salah satu hormon yang berperan dalam proses pembelahan sel sel saraf tersebut adalah BDNF (Brian derived Neutrotrophic Factor) yang merupakan hormon pertumbuhan bagi sel sel otak (8). Banyak kelainan pada otak disebabkan oleh kekurangan hormon BDNF termasuk juga depresi dan alzheimer (9).

Nah, disini, berdasarkan penelitian (10,11), curcumin yang terkandung dalam kunyit mampu memberikan efek yang menakjubkan, yaitu peningkatan produksi BDNF. Hal ini memberikan anda pengurangan risiko depresi dan penyakit otak lainnya. Selain itu, dikarenakan mempercepat penambahan sel saraf pada otak, ada kemungkinan, curcumin juga mampu memberikan peningkatan memori (ingatan) dan membuat anda lebih cerdas.

Manfaat kunyit dan khasiat kunyit untuk kesehatan
Kurkumin dalam Kunyit

[/tie_slide]

[tie_slide]

Manfaat Kunyit: Mencegah Kanker (Bahkan Mengobati)

Manfaat kunyit yang satu ini telah terbukti oleh beberapa hasil studi. Seperti yang telah diketahui terdapat beberapa macam bentuk kanker, dan ternyata beberapa jenis kanker mampu dipengaruhi oleh pemberian curcumin (bahan yang terkandung dalam kunyit)(12). Penelitian yang telah ada membuktikan bahwa kunyit yang mengandung kurkumin mampu memberikan pengobatan terhadap kanker seperti pertumbuhan kanker, perkembangan kanker dan penyebarannya hingga tingkat molekular.

Tentu saja, hal ini juga disebabkan oleh efek antioksidan yang dimiliki oleh curcumin. Penelitian lain menunjukkan bahwa curcumin mampu mengurangi angiogenesis atau pembentukan aliran darah dalam tumor, metastasis atau penyebaran kanker serta berperan penting dalam apoptosis sel kanker (kematian sel kanker). Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa curcumin mampu mengurangi pertumbuhan sel sel kanker dalam laboratorium dan menghambat pertumbuhan tumor pada hewan yang dites (13, 14)

Disarankan apabila anda ingin menggunakan kunyit sebagai obat kanker, konsultasi kan ke doktor. Kunyit mengandung 3 % curcumin, dan tubuh juga kurang bisa menyerap banyak zat zat kurkumin dalam jumlah banyak. Dari penelitian yang ada, penyerapan tersebut dapat ditingkatkan sebanyak 2000 % bila dikonsumsi dengan peperin (senyawa yang terdapat dalam lada hitam). Akan tetapi, beberapa percobaan terhadap manusia telah dilakukan, dan terbukti mampu mencegah terbentuknya sel kanker kolon dengan konsumsi 4 gram kurkumin setiap hari. (Beberapa perusahaan telah menjual kurkumin dalam bentuk ekstrak, pesan di Amazon.com).

Manfaat kunyit dan khasiat kunyit dalam mengobati kanker
Sel kanker payudara

[/tie_slide]

[tie_slide]

Manfaat Kunyit: Mengobati Depresi

Depresi adalah gangguan pada kondisi psikologis seseorang yang mempengaruhi kinerja fisik. Depresi dapat menyebabkan stres berat serta penyakit mental lainnya bahkan kegilaan. Penelitian menunjukkan bahwa curcumin mampu memberikan pengaruh yang positif  dalam mengobati depresi. Pada penelitian yang menggunakan 60 orang yang terbagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok pertama mengonsumsi prozac (obat depresi), kelompok kedua mengonsumsi curcumin dan kelompok ketiga mengonsumsi kedua duanya. Setelah 6 minggu, hasil yang ditunjukkan oleh kelompok pertama dan kedua sama dan kelompok ketiga memberikan efek yang sangat baik.

Berdasarkan beberapa penelitian, memang terbukti bahwa curcumin berperan sebagai antidepresan serta mampu meningkatkan produksi BNDF. Selain itu, terbukti bahwa curcumin juga mampu mendorong produksi serotonin dan dopamin yang berperan penting menjaga kondisi “senang” seseorang.

manfaat kunyit dan khasiat kunyit mengobati depresi
Depresi

[/tie_slide]

[tie_slide]

Manfaat Kunyit: Mengurangi risiko Leukimia

Manfaat kunyit dalam mengurangi risiko terkena leukimia telah buktikan berdasarkan peneltian yang dilakukan oleh Prof. Moolky Nagabhushan. Penelitian tersebut membuktikan bahwa kunyit mampu:

  • Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok)
  • Menghambat radiasi kerusakan kromosom
  • Mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin.
  • Menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel

[/tie_slide]

[tie_slide]

Manfaat Kunyit: Mengurangi Kolesterol dan Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kunyit yang satu ini juga telah terbukti berdasarkan ilmu medis dan penelitian yang ada. Salah satu contohnya penelitian yang dilakukan  oleh  Indian Journal of Physiology yang menggunakan 10 orang yang sehat. Terbukti setelah mengonsumsi curcumin sebanyak 500 mg setiap hari selama 7 hari terjadi penurunan tingkat oksidasi darah dan kolestorol sebanyak 33 % dan terjadi peningkatan kolesterol baik (HDL) sebesar 29 persen.

Dikarenakan curcumin mampu memberikan efek pada kolesterol buruk, maka sudah jelas mampu mencegah penyakit jantung yang utamanya disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah seperti aterosklerosis dan stroke. Selain itu, kunyit mengandun vitamin B6 yg penting dalam menjaga tingkat homocysteine ​​agar tidak terlalu tinggi. Asupan B6 merupakan salah satu asupan tinggi vitamin B6 dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

[/tie_slide]

[/tie_slideshow]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY