Manfaat Susu Kedelai dan Efek Sampingnya

0
82

Manfaat Susu Kedelai dan Khasiatnya

Susu Kedelai mulai dari dulu hingga sekarang sudah sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Khususnya bagi yang ingin diet sehat. Selain susu kedelai, ada juga varian lainnya yaitu susu tahu atau air tahu.

Kenapa dinamakan susu kedelai? ya karena warnanya putih. Sebenarnya kata susu pada susu kedelai tidaklah pas dikarenakan kedelai tidak memiliki kelenjar susu untuk mengeluarkan susu. Warna putih pada “susu kedelai” membuatnya dinamakan susu kedelai.

Walaupun begitu, manfaat susu kedelai tidaklah kalah dengan susu asli atau susu sapi, susu kambing, susu kuda, dan susu susu lainnya.

Adapun untuk lebih jelasnya tentang kenapa susu Kedelai tidaklah kalah dengan susu lainnya, silahkan lihat artikel tabel nutrisi Susu kedelai disini Kandungan Nutrisi Susu Kedelai.

Tak usah panjang lebar, inilah beberapa ulasan singkat tentang manfaat susu kedelai.

Kanker Payudara

Kalian tahu tidak kalau salah satu manfaat susu kedelai adalah mengurangi risiko kanker payudara dan mengurangi perkembangan kanker payudara atau breast cancer. Inilah salah satu alasan kenapa wanita tradisional yang sering makan dan konsumsi kedelai mulai dari susu kedelai, tahu dan sayur kedelai jarang terkena kanker payudara.

Penelitian dan sejarah menunjukkan bahwa konsumsi susu kedelai secara teratur sebelum mencapai masa menopause akan membantu menjaga payudara wanita dari kanker payudara.

Walaupun beberapa artikel penelitian menunjukkan bahwa bagi penderita Kanker payudara yang sudah berkembang terlalu jauh sebaiknya mengurangi konsumsi kedelai ataupun susu kedelainya. Karena Isoflavon pada kedelai dapat menjadi pendorong perkembangan kankernya (Belum ada riset yang cukup untuk ini).

- Adverstisement -

Riset yang ada dan semua akui benarnya adalah  konsumsi ketika masih kecil susu kedelai dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara, dan bagi wanita, pembentukan tubuh sempurna dan seksi akan lebih terjamin.

Memperbesar Payudara

Kalian tahu tidak dengan manfaat susu kedelai untuk memperbesar payudara.  Kandungan Isoflavon pada susu kedelai yang cukup tinggi dan phytoestrogen dalam susu kedelai merupakan pendukung kerja estrogen dalam sel sel tubuh kita.

Untuk memperbesar payudara di awal perkembangan wanita dibutuhkan kerja dua hormon yaitu estrogen dan progesteron. Bila kurang satu maka akan mengganggu pembesaran payudara. Dengan adanya isoflavon dalam susu kedelai, hormon estrogen dalam tubuh kita akan bertambah dan mendorong pembesaran payudara (Souce: Efek Isoflavon terhadap pembesaran payudara).

Mengatasi Diabetes

Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu kedelai dalam jumlah yang teratur dapat menurunkan kadar gula darah khususnya pada penderita diabetes. Akan tetapi kalian ingat untuk konsumsi juga minyak ikan salmon bila ingin mencoba terapi diabetes menggunakan susu kedelai untuk mengimbangi kandungan omega 6 dari Susu kedelai dan produk kedelai lainnya (tahu dan tempe serta kawan kawannya).

Penyakit Ginjal

Penelitian juga menunjukkan bahwa urin dari penderita penyakit ginjal menunjukkan perbaikan dari konsumsi susu kedelai dan bahan bahan kedelai seperti tahu dan lainnya. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh Isoflavon dalam susu kedelai.

Mengobati Diare

Manfaat susu kedelai dalam mengobati diare dapat membantu orang orang yang menderita diare khususnya bagi balita sebagai penganti susu yang biasa dia minum. Serat dan sifat susu kedelai yang sangat aman buat yang alergi susu dengan laktosa ataupun galaktosa. Selain itu penelitian menunjukkan bahwa penderita diare merasa membaik dan sembuh karena terapi minum susu kedelai.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat susu kedelai dalam menurunkan kolesterol tinggi. Walaupun begitu, sangat disarankan bagi penderita kolestrol tinggi untuk mengonsumsi susu kedelai dan juga minyak ikan salmon ataupun ikan kod untuk mengimbangi kandungan omega 6 dalam susu kedelai yang kebanyakan.

Menunda Menopause

Menopause adalah keadaan yang tidak dapat dihindari pada wanita. Salah satu manfaat susu kedelai adalah menunda menopause karena asupan hormon tepatnya fitohormon yaitu isoflavon yang cukup dapat menyediakan asupan hormon agar menopause sedikit tertunda. Ingat bagi penderita kanker payudara, sebaiknya diatur konsumsi susu kedelainya.

Memperlambat Osteoporosis

Riset menunjukkan bahwa manfaat susu kedelai dalam menunda osteoporosis dan memperlambat pengeroposan tulang pada wanita dan juga menambah ketebalan tulang. Penelitian juga menunjukkan bahwa susu kedelai tidak memiliki pengaruh nyata dalam mempertebal tulang pada wanita muda.

Mencegah Asma

Beberapa bukti menunjukkan dan hasil riset yang ada menunjukkan bahwa makan kedelai dan olahannya serta minum susu kedelai dapat meningkatkan kesehatan paru paru kita. Sehingga lebih terjaga dari astma dan penyakit paru lainnya.

-advertisement -

Penyakit Jantung Pada Wanita Tua

Jadi ingat, untuk laki laki tidak ada pengaruh. Bagi wanita yang telah menopause, riset menunjukkan bahwa minum susu kedelai dan konsumsi olahan kedelai dapat mendukung perbaikan sel jantung dan kesehatan pembuluh darah.

Penyakit Chron’s

Riset menunjukkan bahwa kandungan isoflavon dalam susu kedelai berpengaruh nyata dalam memperbaiki kondisi pencernaan pada penderita penyakit Chron. Serta membantu mengatasi kelelahan yang amat cepat datang pada penderita penyakit Chron.

Meningkatkan Kekuatan Ingatan

Ini sebenarnya lebih berhubungan dengan kandungan protein dan energi serta lemak yang dikandungannya serta kandungan mineral yang dimilikinya. Semua tersebut, memiliki peran penting dalam kerja saraf dan menutrisi otak kita sehingga memperkuatan ingatan.

Mencegah Kanker Rahim

Beberapa hasil riset menunjukkan bahwa konsumsi secara teratur susu kedelai dan produk kedelai lainnya dapat menurunkan risiko terkena kanker rahim dan kanker endometrial.

Mengurangi Nyeri Payudara

Konsumsi susu kedelai selama haid dan sebelum haid dapat membantu mengurangi sakit pada payudara wanita. Tentu saja ini karena kandungan gizi dan isoflavon yang tinggi dalam susu kedelai.

Mengurangi Migrain

Kalian tahu tidak, untuk mencegah migrain yang muncul ketika haid dan masa sebelum haid, kita dapat mengonsumsi susu kedelai secara teratur setiap hari. Asupan hormon estrogen dari isoflavon dan nutrisi yang dikandung susu kedelai akan membuat migrain kita berkurang dan tidak sering muncul.

Mencegah Osteoarthritis Atau radang Sendi

Manfaat susu kedelai dalam mengatasi osteoarthritis ataupun radang sendi ini akan maksimal bila kalian konsumsi minyak ikan salmon ataupu minyak ikan kod teratur. Bahkan bila kalian konsumsi susu terlalu banyak (termasuk susu kedelai) risiko terkena radang sendi malah semakin tinggi.  Kok gitu, Hal ini terjadi karena adanya pengaruh rasio omega 6 yang terlalu tinggi pada kedelai dan susu kedelai. Oleh karena itu harus diimbangi dengan minyak ikan salmon.

Mengurangi Sakit PMS

Sakit PMS yang diderita wanita wanita dapat dikurangi dengan konsumsi susu kedelai secara teratur. Asupan isoflavon yang cukup terbukti dapat membantu mengurangi sakit akibat kram yang berhubungan dengan PMS.

Kanker Prostat

Manfaat susu kedelai dalam mengurangi risiko terkena kanker prostat. Walaupun belum banyak hasil riset yang menunjukkan hal ini. Diet atau konsumsi susu kedelai bagi laki laki setiap hari secara teratur (dalam jumlah yang pas) dapat menurunkan risiko terjadinya kanker prostat.

Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa susu kedelai bermanfaat dan berkhasiat dalam menurunkan berat badan seseorang. Tapi perlu kalian garis bawahi bahwa untuk menurunkan berat badan yang terlalu berat atau sudah obesitas parah, maka sebaiknya dilakukan diet keto. Silahkan baca artikel tentang cara diet keto disini √ Cara Diet Keto Yang Benar dan Tidak Efek Samping.

Mengurangi Keriput di Wajah

Manfaat susu kedelai dalam mengurangi keriput diwajah. Air susu kedelai terbukti dapat melakukan hal ini. Kandungan isoflavon dalam air susu kedelai dapat meningkatkan elastisitas kulit, mengencangkan payudara dan juga memperbaiki keriput di wajah kita.

Efek Samping Susu Kedelai

Sebelum mengonsumsi susu kedelai, kalian harus tahu bahwa susu kedelai tidaklah tanpa efek samping. Efek samping susu kedelai adalah sebagai berikut.

  1. Kontaminasi Bahan Penyebab Kanker
  2. Bisa Menyebabkan Radang Atau Inflamasi
  3. Tenggorakan Gatal (Radang Tenggorokan)
  4. Tenggorakan Gatal (Radang Tenggorokan)
  5. Menganggu Penyerapan Protein
  6. Kentut dan Kembung
  7. Mengurangi Kejantanan Pria

Untuk lebih lengkapnya dan kenapa bisa begitu silahkan baca disini

Efek Samping Susu Kedelai Full

Nanti dilanjutkan yah.

manfaat susu kedelai
-advertisement -
manfaat susu kedelai
-advertisement -