Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan – Temulawak atau di luar negeri dikenal dengan nama Java Turmeric. Manfaat Temulawak telah dikenal luas sebagai obat herbal dan bahan jamu tradisional utama dan dikenal dari dulu hingga sekarang oleh penduduk asli Indonesia serta daerah lainnya di wilayah lain.  Manfaat temulawak sebegitu terkenalnya, telah dianggap sebagai bahasa Internasional untuk spesies  Curcuma xanthorrhiza ini. Dikutip dalam Jakartapost pada artikel tentang Manfaat Temulawak sebagai obat ajaib (Temulawak another wonder of healer), mengandung curcumin yang lebih tinggi dari kandungan kurkumin pada kunyit (Baca manfaat kunyit untuk kesehatan).

Dikatakan bahwa beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa temulawak memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat terutama karena kandungan kurkuminnya yang tinggi serta karena tidak adanya senyawa bis-desmethoxycurcumin yang akan mengganggu kerja empedu dalam mengeluarkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kandungnan minyak atsiri yang berperan dalam pencernaan termasuk sebagai penambah nafsu makan. Selain itu, kandungan Xanthorizol sebesar 7 % yang berdasarkan beberapa penelitian sangat berguna sebagai obat kanker khususnya kanker payudara, sebagai estrogen alami tumbuhan (buat wanita yang mau berasa muda terus)….. dan banyak lagi manfaat temulawak lainnya (sumber : 1, 2, 3, 4, 5)

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan
Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan yang sebaiknya anda ketahui…

1. Manfaat Temulawak: Jantung Sehat

Temulawak yang mengandung kurkumin yang lebih tinggi dari kunyit membuatnya menjadi salah satu obat herbal yang menakjubkan. Lalu apa manfaat temulawak untuk jantung sehat? Jawabannnya terdapat pada fraksi kurkuminoid yang dikandungnya mampu merangsang empedu untuk membuang kolesterol buruk dalam darah, yang berarti kemungkinan untuk tersumbatnya pembuluh darah khususnya penyakit jantung semakin mudah.

Aneka manfaat temulawak untuk kesehatan
Obat Kurkumin Untuk Kesehatan

2. Manfaat Temulawak: Menurunkan Kolesterol  Buruk

Dijelaskan pada manfaat temulawak untuk jantung sehat diatas, bahwa temulawak mengandung kurkumin dan fraksi kurkuminoid dalam jumlah besar akan membantu kerja empedu dalam mengeluarkan lemak lemak khususnya kolesterol buruk melalui saluran pembuangan (saluran pencernaan).

3.  Manfaat Temulawak: Meningkatkan Fungsi Hati

Menurut Mangestuti, salah satu ahli tanaman herbal di Universitas Airlangga, mengiyakan bahwa temulawak memiliki khasiat dalam mempercepat aliran empedu, sehingga mempercepat regenerasi sel pada sel sel hati dan membuat temulawak menjadi pembersih alami dari organ hati (liver). Seperti yang kita ketahui, bahwa hati (liver) berfungsi dalam memproses racun dalam tubuh dan mendetoksifikasikan (menetralisir) racun tersebut dengan menggunakan cairan empedu. Peningkatan aliran empedu ke hati tentu saja akan meningkatkan kemampuan hati (liver) dalam melakukan penetralan racun.

4. Manfaat Temulawak: Membantu Penderita Hepatitis

Dijelaskan sebelumnya pada manfaat temulawak yang ketiga, bahwa kandungan alami yang menyehatkan yang ada pada temulawak membantu kerja hati (liver). Hepatitis adalah orang orang yang memiliki hati (liver) tidak sehat, sehingga bekerja tidak karuan. Oleh karena itu, Pangestu Adi seorang ahli penyakit dalam dan pencernaan bahwa temulawak merupakan salah satu pilihan untuk mengurangi dan membantu penyakit hepatitis.

5. Manfaat Temulawak Untuk Mengobati Radang Sendi

Dijelaskan sebelumnya dalam artikel tentang manfaat kunyit untuk kesehatan bahwa kurkumin mampu mengobati radang termasuk juga radang kronis pada seni seperti rheumatoid dikarenakan kemampuan anti-inflamasi yang dimiliki oleh kurkumin. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mampu mengalahkan efek obat obat anti-radang yang ada di pasaran.

6. Manfaat Temulawak Untuk Mencegah Kanker

Manfaat kunyit yang satu ini telah terbukti oleh beberapa hasil studi. Seperti yang telah diketahui terdapat beberapa macam bentuk kanker, dan ternyata beberapa jenis kanker mampu dipengaruhi oleh pemberian curcumin (bahan yang terkandung dalam kunyit). Penelitian yang telah ada membuktikan bahwa kunyit yang mengandung kurkumin mampu memberikan pengobatan terhadap kanker seperti pertumbuhan kanker, perkembangan kanker dan penyebarannya hingga tingkat molekular.

Tentu saja, hal ini juga disebabkan oleh efek antioksidan yang dimiliki oleh curcumin. Penelitian lain menunjukkan bahwa curcumin mampu mengurangi angiogenesis atau pembentukan aliran darah dalam tumor, metastasis atau penyebaran kanker serta berperan penting dalam apoptosis sel kanker (kematian sel kanker). Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa curcumin mampu mengurangi pertumbuhan sel sel kanker dalam laboratorium dan menghambat pertumbuhan tumor pada hewan yang dites.

Manfaat temulawak dan khasiat kunyit dalam mengobati kanker
Sel kanker payudara

Disarankan apabila anda ingin menggunakan kunyit sebagai obat kanker, konsultasi kan ke doktor. Temulawak mengandung lebih banyak curcumin dibandingkan kunyit, dan tubuh juga kurang bisa menyerap banyak zat zat kurkumin dalam jumlah banyak. Dari penelitian yang ada, penyerapan tersebut dapat ditingkatkan sebanyak 2000 % bila dikonsumsi dengan peperin (senyawa yang terdapat dalam lada hitam). Akan tetapi, beberapa percobaan terhadap manusia telah dilakukan, dan terbukti mampu mencegah terbentuknya sel kanker kolon dengan konsumsi 4 gram kurkumin setiap hari. (Beberapa perusahaan telah menjual kurkumin dalam bentuk ekstrak, pesan di Amazon.com).

7. Manfaat Temulawak: Meningkatkan Kecerdasan

Hal ini berhubungan dengan kandungan kurkumin yanga ada. Kurkumin berdasarkan beberapa penelitian, sangat bermanfaat dalam meningkatkan pembelahan sel saraf dengan merangsang pembentukan BDNF yang merupakan hormon pertumbuhan. Sel saraf diotak terdiri atas bagian yang tidak mampu membelah lagi dan yang mampu membelah lagi. Hal inilah dimana peran BNDF  untuk melakukan akselarasi pembelahan sel sarah pada otak sehingga mampu meningkatakan kecerdasan.

Manfaat temulawak dalam meningkatkan kerja otak
Manfaat temulawak dalam meningkatkan kerja otak

Jadi tidak perlu Cairan ikan Kod bunda…..

8. Manfaat Temulawak: Menurunkan Stress

Manfaat kurkumin dalam meningkatan produksi BNDF yang merupakan hormon pertumbuhan sel saraf menjadi alasan utama kenapa temulawak mampu menjadi sesuatu yang mampu menurunkan stress. Kekurangan BDNF telah diketahui telah menjadi faktor dalam menyebabkan stress dan dilema. Oleh karena itu, bila anda stress, coba resep dihalaman terakhir ini.

manfaat kunyit dan khasiat kunyit mengobati depresi
Depresi

9. Manfaat Temulawak : Mengurangi Risiko Leukimia

Manfaat temulawak dalam mengurangi risiko terkena leukimia masih berhubungan dengan kandungan kurkumin yang tinggi yang dimiliki oleh temulawak. Manfaat temulawak telah didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Prof. Moolky Nagabhushan tentang kurkumin. Penelitian tersebut membuktikan bahwa kurkumin mampu:

  • Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok)
  • Menghambat radiasi kerusakan kromosom
  • Mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin.
  • Menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel

10. Manfaat Temulawak: Nafsu makan Meningkat

Hal ini  sering dilakukan dari dulu hingga sekarang. Manfaat temulawak yang satu ini tak perlu lagi diragukan. Berdasarkan penelitian yang terdahulu diketahui bahwa temulawak mengandung minyak atsiri yang meningkatkan nafsu makan khususnya pada anak anak.

11. Manfaat Temulawak: Meningkatkan Kesehatan Lambung

Lambung seperti yang kita ketahui merupakan organ pencernaan kita. Asam lambung, dikendalikan oleh liver (hati). Salah satu manfaat temulawak yang terletak dari kandungan kurkumin dan minyak atsirinya adalah menjaga kesehatan lambung dengan menyehatkan hati, kolesterol dalam darah serta berperan dalam menetralkan asam lambung dan mengurangi stress.

12. Manfaat Temulawak: Sebagai Anti Inflamasi dan Kanker

Manfaat temulawak ini berasal dari kandungan kurkumin yang dimiliki oleh temulawak. Kurkumin yang terkandung bekerja dengan cara menghambat produksi enzim inflamasi cyclo-oxygenase 2 (COX-2).

[box type=”warning” align=”aligncenter” class=”” width=””]Tidak disarankan mengonsumsi jamu temulawak dan ramuan temulawak untuk ibu hamil dikarenakan sangat berpotensi dalam menyebabkan terjadinya peningkatan kontraksi uterus serta tidak disarankan bagi Ibu yang baru saja melahirkan melalui operasi karena dapat mengencerkan darah Ibu[/box]

Cara Pembuatan Jamu Temulawak

Adapun resep dan cara pembuatan jamu temulawak dapat anda gunakan resep jamu temulawak dari velame.com dibawah ini:

Bahan Jamu Temulawak

[toggle title=”Bahan Jamu Temulawak” state=”close”]100 gram temulawak 40 gram asam kawak tanpa biji 200 cc  atau 200 mm air matang 4 lembar daun pandan 200 gram gula aren 20 gram jintan 50 gram kencur 2 liter air[/toggle]

[toggle title=”Langkah Pembuatan Jamu Temulawak” state=”close”]Langkah Pembuatan Jamu Temulawak Pertama, temulawak dan kencur dicuci menggunakan air mengalir hingga bersih Kedua, temulawak dan kencur kemudian diiris iris lalu diblender kemudian ditumbuk halus agar sarinya keluar. Ketiga, temulawak dan kecur yang telah hancur, disangrai untuk selama beberapa menit saja. Sangrai maksudnya tidak menggunakan minyak goreng, hanya air sedikit sambil diaduk aduk. Keempat, Sembari menyangrai temulawak dan kencur, siapkan air dan rebus gula aren dan daun pandan hingga mendidih Kelima, masukkan  temulawak-kencur yang telah disangrai beserta airnya kedalam blender dan ditambahkan asam jawa kawak dan jintan. Keenam, Satukan kedua ramuan yaitu temulawak-kencur-asam jawa-jintan dengan ramuan air gula aren-pandan ke dalam blender tadi dan nyalakan hingga kedua ramuan menyatu. Ketujuh dan terakhir, ramuan tersebut siap disaring menggunakan kertas saring. Ramuan jamu herbal temulawak yang menyehatkan siap disajikan untuk kurang lebih 6 gelas.[/toggle]

Sekian artikel tentang manfaat temulawak untuk kesehatan dan resep pembuatan jamu herbal temulawak. Silahkan dimanfaatkan temulawak disekitar rumah anda, saatnya go green saatnya hidup sehat alami,….salam hangat dan sehat dari manfaatonline.com. Share and like dan ingat warning diatas. “Tidak baik untuk ibu hamil dan Ibu baru melahirkan”

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY