Manfaat Bawang Putih Bakar Untuk Pria dan Wanita Yang Bikin Kaget

0
59

Jujur awalnya saya ragu untuk menulis artikel tentang manfaat bawang putih bakar atau bawang putih panggang. Jadi, saya mencari cari artikel artikel yang dapat meyakinkan saya tentang manfaat dan khasiat bawang putih bakar ini. Semoga pemahaman saya cukup untuk meyakinkan anda.

Bawang putih, seperti yang telah saya tulis diartikel sebelumnya manfaat bawang putih, memang memiliki segudang manfaat, baik berdasarkan hal ilmiah hingga metafisika. Dari kandungan bahannya saja, kita dapat menyimpulkan bahwa bawang putih mentah ataupun diolah memberikan khasiat yang baik untuk tubuh kita.

Kali ini,saya akan lebih jauh menjelaskan tentang manfaat dari penyajian dari bawang putih yang unik yang dapat dikata jarang dilakukan untuk penduduk lokal Indonesia, yaitu bawang putih bakar atau panggang.

Proses Membuat Bawang Putih Bakar / Panggang

Sebelum jauh membahas manfaat dan khasiat, saya akan jelaskan dulu bagaimana cara memanggang atau membakar bawang putih agar manfaatnya jelas dan tidak merusak untuk tubuh anda.

Advertisement by google

Pertama, saya dan kamu harus sepakati dulu bahwa berbeda definisi panggang / bakar bawang putih dengan memanggang / membakar jagung ataupun ikan. Membakar bawang putih yang dimaksud disini adalah memanaskan bawang putih menggunakan api tanpa tambahan minyak ataupun air.

Kalau di beri air kan namanya dimasak, kalau diberi minyak namanya digoreng. OKE. Maaf kalau menambahkan hal yang sudah jelas buat kalian.

Jadi proses membuat bawang putih bakar itu mudah, dan sangat sederhana, yaitu:

Advertisement by google

  1. Mengambil beberapa siung bawang putih, lebih dari satu juga boleh, karena bisa disimpan cukup lama kok.
  2. Jangan kupas kulit bawang putih tersebut. Biarkan saja begitu.
  3. Bagi yang memanggang secara langsung (api mengenai bawang putih) maka usahakan jangan terlalu lama di bakar, sebentar saja, dan ingat untuk meratakan.
  4. Bagi yang memanggang menggunakan wajan atau alat khusus sehingga bawang putih tidak mengenai langsung api, maka waktu membakar bisa cukup lama. Tentu saja jangan biarkan hangus.
  5. Ketika sudah matang, kalian bisa simpan di wadah yang kalian siapkan.

Bagi yang ingin sesuai hasil riset yang ada, kandungan bawang putih bakar akan terjaga dan semakin berkhasiat bila kita memanggang atau membakarnya pada suhu 160 C. Ini akan cukup susah untuk memanggang bawang putih dalam suhu yang berkisar 160 C. Kecuali anda memiliki microwave.

Nah, mudah bukan, cara membuat bawang putih bakar.

Hal yang perlu kalian ingat adalah usahakan agar tidak hangus, terutama bagian daging bawang putih. Bawang putih yang hangus dapat dikatakan memiliki manfaat yang kurang, dan untuk beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang hangus dapat menyebabkan kanker.

Khasiat bawang putih bakar
Khasiat bawang putih bakar

Kenapa Bawang Putih Bakar Bermanfaat

Ini adalah pertanyaan yang terlintas di benak saya ketika akan menulis artikel ini. Setelah membaca beberapa artikel riset dan website website luar negeri tentang manfaat bawang putih bakar dan juga apa alasannya serta apakah ada bahayanya, saya mungkin bisa menjawab alasan dibalik manfaat bawang putih bakar.

Bawang putih, berdasarkan hasil riset yang ada menunjukkan bahwa bawang putih memiliki kandungan yang berbeda tergantung cara mengolahnya. Bila dimakan mentah, kandungan Allyl Thiosulfinates yang akan naik. Ketika di masak, kandungan Alliin yang akan naik. Sedangkan ketika dibakar, kandungan Allyl Polysulfides yang akan naik. (source : NCBI Allicin)

Dan berdasarkan hasil riset yang ada, bawang putih panggang atau bakar (roasted) memiliki kandungan Allyl Polysulfides yang lebih banyak ketimbang yang mentah, digoreng ataupun di masak.

Nanti saya akan jelaskan apa itu Allyl Polysulfides dan manfaat sekaligus menerangkan manfaat bawang putih bakar.

Kenapa Bawang Putih Dibakar

Pertanyaan ini pun muncul dibenak saya, kenapa bawang putih dibakar? Setelah mencari cari, saya menemukan bahwa dalam bawang putih mengandung senyawa odor atau bau yang kurang sedap serta sedikit kandungan sulfur (dalam Allicin).

Advertisement by google

Kandungan sulfur organik dalam bawang putih mentah untuk sebagian orang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, apalagi untuk kesehatan pria dan wanita.

Akan tetapi, hal tersebut berubah bagi penderita asam lambung dan gangguan pencernaan lain yang sensitif terhadap iritasi dan gas. Memakan bawang putih mentah dapat mengakibatkan lambung dan pencernaannya terganggu.

Solusinya adalah dengan memanaskan bawang putih tersebut sehingga kandungan odor serta sulfur organik yang ada berkurang.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih maksimal, maka solusi yang paling tepat adalah dengan membakar atau memanggang bawang putih tersebut.

Bila anda mengoreng, artinya anda mencampurkan minyak kedalam bawang putih, itu artinya anda menambahkan kolesterol kedalam bawang putih. Ini kurang tepat bagi yang berniat makan bawang putih untuk menurunkan kolesterol ataupun menyehatkan jantungnya.

Bagaimana dengan memasak bawang putih? Ketika anda memasak bawang putih, menurut penelitian yang ada, kandungan Allicin seperti Allyl Polysulfides dan Allyl Thiosulfinates yang menjadi salah satu kunci manfaat bawang putih akan sangat berkurang. Peneliti beranggapan bahwa air menjadi “Kawan yang buruk” untuk menjaga kualitas bawang putih.

Mereka menemukan bahwa kandungan Allicin yang dibutuhkan dalam bawang putih berkurang ketika ditambahkan air dan dipanaskan lebih dari 4 menit pada suhu 100 C. Pengurangan tersebut semakin cepat ketika dihancurkan atau dipotong potong kecil.

Jumlah Bawang Putih Yang Bisa Dimakan

Ketika kita memakan bawang putih mentah untuk pertama kali, kita akan menyerah dengan konsumsi 2 atau 3 siung per hari akibat bau dan rasanya yang aneh.

Advertisement by google

Sedangkan untuk pengobatan dan obat tradisional dan menyembuhkan berbagai penyakit kita harus mengonsumsinya selama beberapa waktu, dan bahkan hingga sembuh atau ada efek yang berarti.

Dilansir dari situs Examine.com batasan maksimun jumlah bawang putih yang boleh dimakan, dan tidak boleh lewat dari jumlah tersebut (akan terjadi efek racun) adalah:

  • 17 gram untuk orang dengan berat sekitar 65 Kg
  • 22,7 gram untuk orang dengan berat sekitar 90 Kg
  • 28,4 gram untuk orang dengan berat sekitar 113 kg.

Atau untuk setiap 1 kg berat anda, jumlah maksimal bawang putih yang boleh anda konsumsi adalah 0,26 gram. Jadi bila anda memiliki berat 50 kg maka jumlah maksimal bawang putih adalah 50 x 0,26 = 13 gram.

Serta menurut Komisi Kesehatan Jerman dan salah satu hasil riset, untuk kebutuhan penyembuhan, jumlah minimal bawang putih yang harus dikonsumsi adalah 4 gram lebih perhari.

Berat satu siung bawang putih rata rata adalah 2 gram. Artinya anda membutuhkan untuk memakan 2 siung lebih bawang putih. Jumlah maksimal adalah (17/2) 8 siung bawang putih bila berat anda 65 kg. Bila berat anda 50 kg, maka jumlah maksimal adalah (13/2) 6 siung bawang putih.

Ingat, siung bukan satu buah bawang putih. Perhatikan gambar dibawah ini agar tidak tersesat. Dan timbangan yang digunakan adalah ketika masih mentah, bukan ketika setelah dibakar atau dipanggang.

Manfaat Bawang Putih Bakar / Panggang

Nah, sekarang kita masuk bagian inti dari artikel ini yaitu manfaat bawang putih bakar. Saya telah menjelaskan perihal alasan kenapa harus dibakar dan apa kandungan bawang putih bakar serta jumlah maksimal dan cara membakar bawang putih yang benar. Saat ini kita masuk ke apa saja yang akan anda peroleh ketika mengonsumsi bawang putih bakar.

Pada dasarnya manfaat bawang putih bakar hampir sama dengan manfaat bawang putih mentah, dikarenakan hampir semua bahan yang ada didalam bawang putih mentah ada juga di bawang putih bakar.

Advertisement by google

Yang menjadi pembeda adalah kadar tiap jenis senyawa yang dominan di keduanya. Untuk yang bakar, yang dominan adalah Allyl Polysulfides. Jangan lupa bahwa senyawa lain yang ada di bawang putih mentah masih ada juga di bawang putih bakar.

Lalu apa artinya bila memiliki kandungan Allyl Polysulfides yang banyak, mari saya paparkan satu persatu manfaat dan khasiatnya.

Bawang Putih Bakar #1: Menguatkan Jantung dan pembuluh darah

Berdasarkan hasil riset yang ada, kandungan Allyl Polysulfides secara spesifik memiliki fungsi yang lebih kuat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dibandingkan kandungan lainnya pada bawang putih.

Dan ini terbukti secara klinis, oleh karena itu, sudah banyak kapsul yang berisikan allicin sintetis yang berguna untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

manfaat bawang putih bakar
manfaat bawang putih bakar

Bawang Putih Bakar #2: Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang putih bakar yang satu ini sudah diteliti oleh banyak ilmuwan. Terbukti bahwa bawang putih yang dibakar lebih efektif sebagai obat untuk menurunkan kolesterol akibat kandungan Allyl Polysulfides yang lebih banyak.

Selain itu, rasa dan bau bawang putih yang khas berkurang ketika dibakar, ini membuat orang orang yang menggunakan bawang putih sebagai obat tradisional lebih senang memakannya setiap hari.

Disarankan oleh hasil penelitian medis yang ada untuk memakan 10 gram bawang putih bakar atau 4-5 siung bawang putih tiap hari untuk menurunkan kolesterol tinggi. Akan tetapi, perlu kalian ingat, bahwa jaga makanan dan rajin olahraga, karena biarpun anda rajin makan bawang putih bakar, tanpa menjaga pola hidup sehat, tetap saja akan berakibat buruk bagi tubuh kita.

Bawang Putih Bakar #3: Menjaga Tubuh Dari Sakit

Salah satu khasiat bawang putih bakar yang perlu anda ketahui dan pertimbangkan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh manusia. Hal tersebut berarti anda terjaga dari sakit. Khususnya sakit sakit yang paling sering muncul untuk orang Indonesia seperti demam, flu dan beberapa sakit lainnya.

Advertisement by google

Riset menunjukkan bahwa ada penurunan 60-70 persen kemungkinan seseorang terkena demam. Sangat bermanfaat dan berkhasiat. Peneltian lain menunjukkan bahwa bawang putih meningkatkan jumlah Sel T yang sangat penting untuk melawan sakit seperti demam.

manfaat bawang putih bakar
manfaat bawang putih bakar

Berdasarkan hasil pencarian saya, anda dapat mengonsumsi 2 siung bawang putih atau 4 gram lebih bawang putih bakar untuk meningkatkan imunitas anda. Ingat, konsumsi setelah sarapan pagi, akan menjaga kesehatan anda dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Bagi yang sudah demam dan ingin memakan bawang putih bakar sebagai obat tradisional, ini akan sangat membantu anda sembuh.

Bawang Putih Bakar #4: Mencegah Timbulnya Kanker

Kanker adalah momok bagi setiap orang. Tidak ada yang ingin terkena kanker, walaupun orang tersebut jelas jelas merokok dan melakukan aktivitas yang dapat memicu timbulnya kanker.

Kanker berdasarkan hasil riset yang ada, disebabkan oleh adanya karsinogenik yang masuk dan menyerang sel tubuh kita. Zat zat karsinogenik tersebut dapat dihentikan dan dilawan menggunakan antioksidan.

manfaat bawang putih bakar untuk mencegah kanker
manfaat bawang putih bakar untuk mencegah kanker

Disinilah khasiat bawang putih bakar untuk mencegah kanker. senyawa allicin dan senyawa turunan allyl lainnya merupakan antioksidan yang sangat kuat. Ini akan menjadi pelindung bagi sel sel kalian dari senyawa karsinogenik seperti rokok, asap kendaraan, fast food atau junk food, pengawet makanan dan banyak lagi.

Manfaat Bawang Putih Bakar #5: Menurunkan Tekanan Darah

Hidup dijaman sekarang, semakin sulit bagi seseorang untuk menjaga pola makan sehatnya. Hal ini berakibat pada mudahnya tekanan darah meningkat akibat kolesterol buruk yang menumpuk.

Ada 12 penelitian yang menunjukkan bahwa makan bawang putih bakar, dapat menurunkan tekanan darah bagi yang menderita tekanan darah tinggi secara signifikan yaitu 10 persen. Daripada mengonsumsi obat obatan kimia yang dapat membebani hati dan ginjal anda, sebaiknya anda makan bawang putih bakar untuk menurunkan tekanan darah.

Advertisement by google

Bagi kalian yang bertekanan darah rendah ataupun normal, jangan takut. Memakan bawang putih bakar tidak menurunkan tekanan darah anda secara signifikan. Hanya sekitar 1 persen saja. Sungguh sangat hebat khasiat bawang putih bakar.

Bawang Putih Bakar #6: Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Berdasarkan hasil bacaan saya diberbagai hasil riset yang ada, menyatakan bahwa bawang putih bakar aman dan berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan atau membantu menyembuhkan radang tenggorokan.

MANFAAT BAWANG PUTIH BAKAR UNTUK RADANG TENGGOROKAN
MANFAAT BAWANG PUTIH BAKAR UNTUK RADANG TENGGOROKAN

Caranya mudah, kalian tinggal memakan 3 siung bawang putih bakar setiap hari hingga sembuh. Untuk mencegah diri anda terkena infeksi atau radang tenggorokan selama bekerja di tempat yang rawan terjangkit, silahkan konsumsi 2 siung bawang putih. Insya Allah terjaga dari penyakit radang tenggorokan

Manfaat Bawang Putih Bakar #7: Mencegah Keguguran (Spontaneus Birth)

Khasiat bawang putih bakar yang satu ini belum banyak diteliti oleh ilmuwan. Akan tetapi, satu penelitian dari Myhre R (2013) menyatakan bahwa adanya penurunan risiko keguguran pada ibu hamil ketika rajin mengonsumsi bawang putih. Source: Examine/garlic

Akan tetapi perlu dicatat, jangan lebih dari 3 siung bawang putih bakar untuk amannya.

Bawang putih bakar#8: Obat awet muda

Khasiat bawang putih ini didukung oleh manfaat bawang putih bakar dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta kolesterol dan tekanan darah.

Energi muda anda akan kembali bergelorah. Namun perlu diketahui, bawang putih bakar tidak membuat wajah anda terlihat kembali muda ketika memakannya. Khasiatnya hanya sebatas pada fungsi tubuh dan kekuatan tubuh anda awet muda.

Khasiat bawang putih bakar #9 : Memperkuat Ingatan

Siapa yang tidak ingin ingatan yang kuat dan kemampuan belajar yang meningkat. Tentu saja semua orang mau ingatan kuat. Tidak ada orang yang mau menjadi pelupa, apalagi bagi kalian yang masih dalam awal awal kehidupan, dimana banyak yang harus kita pelajari.

Advertisement by google

Salah satu obat tradisional yang diterbukti ampuh menurut penelitian yang ada, makan 4 siung bawang putih bakar setiap hari mampu meningkatkan kemampuan otak anda. Ingatan menjadi lebih kuat, dan anda tidak akan gampang lupa.

Manfaat bawang putih bakar memperkuat ingatan
Manfaat bawang putih bakar memperkuat ingatan

Selain itu, kemampuan belajar akan lebih meningkat akibat adanya peningkatan kekuatan ingatan. Bahkan beberapa riset menunjukkan bahwa bawang putih bakar mampu mengurangi efek penyakit alziemer.

Khasiat Bawang putih bakar #10 Mengurangi rasa Lelah

Manfaat bawang putih bakar yang satu ini juga telah dibuktikan oleh sejarah para atlit atlit di Eropa dan juga oleh penelitian dan hasil riset yang ada.

Bahkan dalam salah satu riset, menunjukkan bahwa bawang putih bakar sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan fisik seseorang sehingga stamina akan lebih kuat, kekuatan tubuh menjadi lebih kuat. Ini akan sangat baik untuk atlit dan juga bagi kalian yang memang sedang berlatih bela diri.

Manfaat Bawang Putih Bakar #11 Meningkatkan Kekuatan Pria

Saya rasa saya tidak perlu menjelaskan lebih jauh tentang ini. Intinya adalah, sudah terbukti secara klinis dan ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih bakar sangat bagus untuk kebutuhan spesial Pria.

Efek Samping Bawang Putih Bakar

Efek samping bawang putih ketika dikonsumsi langsung memiliki kemungkinan menimbulkan

  1. Peningkatan bau badan
  2. Peningkatan bau mulut (bau mulut tidak sedap)
  3. Meningkatnya asam lambung

Efek samping lain dalam batas konsumsi normal tidak ditemukan.

Susu menjadi salah satu solusi penghilang bau mulut setelah makan bawang putih bakar.

Advertisement by google

Demikianlah artikel tentang manfaat bawang putih bakar dan khasiat bawang putih bakar serta dosis dan cara pembuatannya. Semoga bermanfaat.

Apa saja manfaat bawang putih bakar?

menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menjaga kesehatan, mencegah kanker, awet muda dan banyak lagi.

Apa alasan dibalik khasiat bawang putih bakar

kandungan Allyl polisulfida yang tinggi.

Advertisement by google